Cottage Unik di Obyek Wisata Kalibiru

Posted: September 7, 2010 in feature, news

Libur panjang Lebaran rasanya kurang afdol jika hanya dihabiskan untuk berdiam diri di rumah. Tidak ada salahnya merekatkan tali silaturahmi dengan sanak kerabat di obyek wisata. Selain dapat menyegarkan otak dari jenuhnya rutinitas sehari-hari, obyek wisata juga bakal meninggalkan kesan yang lebih mendalam tentang indahnya Lebaran.

Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru di Perbukitan Menoreh adalah salah satu obyek di Kulonprogo yang perlu dipertimbangkan untuk mengisi libur Lebaran. Di atas ketinggian 450 meter di atas permukaan laut (mdpl), Kalibiru menawarkan bentang pemandangan alamnya yang asri sekaligus sejuknya suasana perbukitan. Untuk menuju Kalibiru, cukup dibutuhkan waktu kurang dari satu jam perjalanan (sekitar 40 km) dari Kota Yogyakarta.

Dari gardu pandangnya, pengunjung disuguhi birunya Waduk Sermo yang memanjang di bawahnya. Selain menawarkan pemandangan alam,  obyek Kalibiru juga menawarkan outbound training, trekking, wisata pedesaan, dan wisata budaya.

Bagi pengunjung yang masih ingin berlama-lama menikmati romantisnya suasana di Kalibiru, juga disediakan tempat peristirahatan (cottage) yang unik. Pasalnya, cottage tersebut tidak dibangun ditempat berdirinya. Melainkan, rumah milik warga sekitar yang dibeli dari pemiliknya kemudian dimodifikasi oleh para tukang lokal.

“Rumah itu dibedol dari tempat asalnya dan didirikan di lokasi baru dengan pondasi panggung. Salah satu tiangnya yang disebut ‘soko tuwo’ tetap dipertahankan sebagai wujud ketaatan pada tradisi lokal. Ini semua adalah kreativitas para tukang Kalibiru” jelas Kepala Disbudparpora Kulonprogo Sarjana.

Sarjana menambahkan, keelokan alam di Kalibiru semakin membuat nyaman hati para pengunjungnya karena didukung oleh masyarakat desa yang ramah dan masih kental mempertahankan beraneka ragam seni budaya tradisional. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s