Dua Hari Bebas Jenguk di Rutan Wates

Posted: September 7, 2010 in news

Kulonprogo – Datangnya hari raya Idul Fitri membawa kabar bahagia bagi segenap penghuni Rumah Tahanan Negara kelas II B Wates. Pasalnya, pihak rutan memberlakukan jam besuk bebas selama dua hari setelah Lebaran, yakni pada  13 dan 14 September 2010.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Joko Sulistyo mengatakan, kesempatan bebas besuk selama dua hari adalah hak bagi para napi dan tahanan untuk turut merayakan Lebaran dengan bersua keluarganya. Dengan demikian, tali silaturahmi antara penghuni rutan dengan sanak saudaranya tidak terputus.

“Kunjungan dimulai dari pukul 08.00 WIB – 12.30 WIB bertempat ditempatkan di Aula rutan. Kami juga menyediakan beberapa fasilitas seperti kursi dan tikar,” kata Joko saat ditemui dikantornya, kemarin.

Meski diberikan keleluasaan dalam berkunjung, namun prosedur yang selama ini berlaku tetap ditegakkan. Sebelum menjenguk, para pembesuk diwajibkan mendaftar di pintu masuk dengan meninggalkan identitas. Selanjutnya, petugas akan memeriksa barang bawaan dan menggeledah pengunjung.

”Pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 hingga 13.00 WIB. Bagi narapidana harus mendaftar dengan menunjukan SIM atau KTP. Sedangkan untuk tahanan harus ada izin dari siapa yang menangani kasusnya. Entah dari Polsek, Polres, kejaksaan atau pengadilan” jelas Joko.

Tidak ada batasan jumlah bagi keluarga yang datang menjenguk. Hanya saja sebelum Senin (13/9), pihak pembesuk harus menunjukkan surat jenguk dulu. Pihak rutan baru akan menutup pintu gerbang hingga penjenguk terakhir selesai membesuk tahanan.

Joko menambahkan, Salat Ied rencana akan dilaksanakan di Rutan. Salat dimulai pukul 07.00 WIB dan dilanjutkan dengan agenda pembacaan remisi (pengurangan masa tahanan) Idul Fitri. (leo)

Comments
  1. PAIJO says:

    WASPADA ! DENGAN DISAKSIKAN TUHAN ALLAH SWT. SUKIJO GUNUNG PENTUL, KARANGSARI, PENGASIH TENAGA BENGKEL SEPEDA MOTOR UTARA MASJID AGUNG WATES ADALAH PENADAH DAN PEMAKAI BARANG-BARANG CURIAN, KERUGIAN PARA KORBAN MENCAPAI 75 JUTA RUPIAH LEBIH. PENGIRIM BERITA PAIJO INTEL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s