Penempatan Sniper Dianggap Berlebihan

Posted: September 7, 2010 in news

*Situasi Kulonprogo Selama Lebaran Tetap Kondusif

Kulonprogo – Keamanan arus mudik Lebaran di Kulonprogo diprediksikan tetap kondusif seperti hari biasa. Untuk itu, kebijakan menempatkan tim penembak jitu (sniper) dirasa terlalu berlebihan jika diterapkan di satu kabupaten yang berbatasan dengan Purworejo Jawa Tengah ini.

Hal itu ditegaskan Kapolres Kulonprogo AKBP Darmanto seusai menghadiri acara bnuka bersama yang digelar di halaman Mapolres Kulonprogo, Sabtu (4/9) malam. “Keberadaan sniper belum terlalu mendesak untuk Kulonprogo. Berbeda dengan sejumlah kota besar atau daerah lain yang dianaggap rawan tindak kejahatan” katanya.

Pernyataan tersebut menanggapi kebijakan Mabes Polri yang menginstruksikan akan membantu 8 Polda prioritas dengan mengirimkan 50 Anggota Brimob untuk tiap Polda. Dari 50 itu pasti ada sniper.

Menurut Darmanto, tingkat kriminalitas di wilayah Kulonprogo pada saat arus mudik tidak begitu membahayakan para pemudik, sehingga kebutuhan tim sniper di jalanan dianggap tidak krusial. “Tingkat kerawanan kriminalitas di wilayah Kulonprogo pada musim mudik biasanya berupa tindakan pencurian di areal perumahan” tambahnya.

Untuk menanggulangi hal tersebut, pihak Polres Kulonprogo telah menyiapkan tim khusus untuk melakukan pengamanan di areal perumahan. Selain itu, Polres juga mengimbau warga yang akan meninggalkan rumah selama libur Lebaran untuk melapor ke RT/RW. “Jika perlu, barang berharganya bisa dititipkan di kantor polsek terdekat. Gratis tanpa dipungut biaya” imbuh Kabag Binamitra Kompol Tri Heri.

Selain mengantisipasi meningkatnya kasus pencurian, kata Tri Heri, Polres Kulonprogo juga mewanti-wanti para pemudik yang menggunakan kendaraan umum untuk selalu waspada dari tindak kejahatan hipnotis (gendam). “Spanduk peringatan tersebut telah kami pasang di stasiun dan terminal” pungkasnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s