Rekanan Bandara Adi Sutjipto Angkat Bicara

Posted: September 7, 2010 in news

*Buntut Protes Warga Soal Pemasangan Lampu Penerangan Jaringan SUTET

Kulonprogo – Setelah pemasangan tiang listrik untuk penerangan jaringan saluran udara tegangan eskstra tinggi (SUTET) di Desa Bumirejo Lendah menuai protes dari warga setempat, akhirnya pihak rekanan Bandara Adi Sutjipto Jogjakarta angkat bicara.

“Proyek ini tidak ada kaitannya dengan PLN. Pemasangan lampu penerangan ini merupakan proyek dari Bandara Adi Sutijipto untuk pengamanan penerbangan di wilayah Yogyakarta . Kalau tidak dipasangi lampu akan sangat membahayakan bagi penerbangan,” kata kepala pelaksana proyek, Dono.

Dono mengatakan, pemasangan tiang listrik tersebut sebelumnya telah disosialisasikan kepada seluruh kepala desa di Kulonprogo melalui surat resmi dari Bandara Adi Sutjipto. suruh lurah sudah menyetujui pemasangan tiang listrik tersebut.

Dana yang dikeluarkan oleh pihak Bandara Adi Sutjipto untuk proyek ini, kata Dono, mencapai Rp 2 miliar. Dana tersebut dipergunakan untuk membeli 20 tiang listrik, trafo dan biaya pemasangan.

“Dengan pemasangan tiang listrik dan trafo tegangan tinggi seharga ratusan juta itu pada dasarnya sangat menguntungkan masyarakat. Tetapi kenapa di tolak? Padahal jaringan daya listrik di masyarakat saat ini masih rendah. Dengan adanya proyek ini maka aliran listrik di masyarakat dapat lebih terang,” katanya.

Sementara itu, perwakilan warga Dusun Kalangan Bumirejo Lendah Supadyo mengatakan,  warga sebenarnya tidak keberatan jika rekanan PLN itu meminta ijin dan bermusyawarah terlebih dahulu dengan warga saat hendak memasang tiang listrik penerangan jaringan SUTET.

“Jangan asal main pasang di halaman dan sawah milik warga” ujarnya.

Untuk diketahui, pemasangan tiang listik penerangan jaringan SUTET akhir Agustus lalu dikeluhkan oleh warga di enam dusun di  Desa Bumirejo, yaitu  Dusun Kalangan, Ngipik, Gegunung, Panggang, Negolan, dan Pereng. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s