Calon Penumpang KA Prameks Menumpuk di Stasiun Wates

Posted: September 15, 2010 in hard news, news

Para penumpang berebutan masuk gerbong Kereta Api pengganti KA Prameks di Stasiun Wates

Kulonprogo – Puluhan calon penumpang yang akan menggunakan jasa Kereta Api Prambanan Ekspress (KA Prameks) di Stasiun Wates tidak dapat terangkut, Rabu (15/9). Pasalnya, jumlah penumpang KA Prameks mengalami lonjakan drastis saat arus balik Lebaran memasuki hari H+5.

Berdasar hasil pantauan di Stasiun Wates, setiap KA Prameks yang berhenti selalu dipenuhi penumpang dari Stasiun Kutoarjo dan Jenar, Purworejo, Jateng. Otomatis, puluhan penumpang di Stasiun Wates tak dapat terangkut.

Menurut Kepala Stasiun Wates Parjiyanto, kondisi semacam ini rutin dialami setiap tahun, khususnya saat mendekati dan pasca Lebaran. Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang, pihaknya mengalihkan calon penumpang dengan kereta lain.

“Untuk calon penumpang tujuan Yogyakarta dialihkan menumpang KA Progo atau Fajar utama. Sedangkan tujuan Klaten dan Solo, bisa menggunakan KA Bengawan ekstra Lebaran” katanya, Rabu (15/9).

Parjiyanto menambahkan, setiap hari ada empat rangkaian KA Prameks yang melayani rute Solo-Kutoarjo. Pada hari biasa, jumlah penumpang per hari di Stasiun Wates hanya sekitar 150 orang saja. Sedangkan pada hari libur meningkat hingga 350 penumpang. Khusus selama Lebaran, peningkatan bisa mencapai 800-850 penumpang.

“Sebagian besar penumpang adalah untuk wisata ke Yogyakarta, tetapi ada pula yang hendak silaturahmi ke Solo dan Klaten,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala PT KA Daerah Operasi (Daops) VI, Noor Hamidi membenarkan adanya kecenderungan peningkatan penumpang kereta komuter seperti prameks.

“Sebenarnya untuk jurusan Solo-Kutoarjo ada enam rangkaian yang dioperasionalkan. Namun saat ini hanya empat yang dijalankan. Satu diantaranya ditarik ke Jakarta dan satu lagi sebagai cadangan” terang Noor, Selasa (14/9) lalu.

Rencananya, imbuh Noor, tahun depan ada penambahan dua rangkaian KA Prameks. Namun, realisasinya masih menunggu kepastian di tingkat pusat. (leo)

Comments
  1. […] Calon Penumpang KA Prameks Menumpuk di Stasiun Wates « Dindamned's … // Informasi Terkait :berapa yang d`butuh kan dari indonesia (samarinda) ke norwey ? berapa yang d`butuh kan dari indonesia (samarinda) ke norwey ? totalnya,.,.apa sampai 30 juta ke atas ?? hhmm,,.,.30 jta ck…Saya cr yg menjual hp bm di samarinda? Oleh Ai@ce Serius …,saya mencari yg menjual hp bm untuk kawasan samarinda-bontang.Hub.E-mail: hanz.pato@yahoo.co.id..,tha…Pelabuhan Merak Dibanjiri 8.500 Sepeda Motor Pelabuhan Merak Dibanjiri 8.500 Sepeda Motor Pelabuhan Merak Kota Cilegon dibanjiri 8.500 lebih sepeda motor berasal dari … […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s