Chikunguya Kembali Mewabah

Posted: September 15, 2010 in hard news, news

Paniyem (kiri) hanya bisa duduk lemah di rumahnya setelah terjangkiti Chikungunya

*20 Warga  Kalipetir Kidul Terjangkiti

Kulonprogo – Lagi, wabah Chikungunya menggemparkan Kabupaten Kulonprogo. Sekitar dua puluh warga Dusun Kalipetir Kidul, Desa Margosari, Kecamatan Pengasih,  diketahui mengidap penyakit yang gejalanya mirip dengan wabah yang disebarkan nyamuk Aedes Aegypti itu.

Menurut Kepala Dukuh Kalipetir Kidul Siswodiharjo, chikungunya mulai menjangkiti warganya sejak satu bulan yang lalu. Namun, temuan itu belum dilaporkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo. Pasalnya, sebagian besar warga lebih memilih penyembuhan secara tradisional daripada berobat ke rumah sakit.

“Kabar Chikungunya menjangkiti warga Kalipetir Kidul sudah merebak sejak Agustus, sebelum memasuki bulan Ramadhan. Ada sekitar 10 hingga 20 warga yang mengaku mengalami linu di seluruh persendian tubuhnya” kata Siswodiharjo, Rabu (15/9) siang di kediamannya.

Sementara itu, Paniyem (55), salah satu warga yang terjangkiti mengatakan, dirinya terserang Chikunguya sekitar sebulan lalu. Hampir selama sepuluh hari, perempuan paruh baya ini hanya bisa berbaring di tempat tidur karena tubuhnya tiba-tiba demam diikuti dengan linu di persendian.

“Selama sepuluh hari itu saya tidak dapat melakukan aktivitas apapun. Sebab, sekujur tubuh rasanya pegal-pegal, ngilu, dan timbul rasa sakit pada tulang-tulang” ujarnya.

Tidak tahan dengan rasa sakit yang dideritanya, Paniyem memaksakan diri untuk bangkit dan berobat di puskesmas terdekat. Meski telah mendapat suntikan, penyakit itu seketika kambuh setiap dirinya melakukan aktivitas yang berat.

Akhirnya, Paniyem kembali memilih pengobatan tradisional, yakni dengan meminum air kelapa muda. Meski kondisinya kini berangsur pulih, Paniyem masih belum berani melakukan aktivitas yang berat.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Dinkes Kulonprogo belum dapat dikonfirmasi. Saat dihubungi dindamned.wordpress melalui telepon selularnya kemarin sore, tidak ada jawaban dari Kepala Dinkes Lestaryono. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s