Anggota Polri dan TNI Masih Terjaring PST

Posted: September 20, 2010 in hard news, news

Kulonprogo – Rasa jera rupanya tak mudah menghinggapi para penumpang gelap kereta api. Dalam pemeriksaan serentak terpadu (PST) yang rutin digelar setiap hari selama Lebaran, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta terus mendapati penumpang tanpa tiket tersebut.

Kepala Daops VI Yogyakarta Noor Hamidi menuturkan, sebanyak 68 penumpang gelap terjaring PST pada Rabu sore (15/9) hingga Kamis (16/9) lalu. Enam diantaranya terpaksa diturunkan di stasiun terdekat karena enggan membayar denda sebesar dua kali harga tiket.

“ Para penumpang gelap itu terjaring dalam PST yang diadakan serentak di sepuluh KA. 30 diantaranya anggota TNI dan Polri. Sedangkan 32 penumpang lainnya adalah kalangan umum. Mereka bersedia membayar denda dua kali tiket, sehingga bisa meneruskan perjalanan” terang Noor, kemarin.

Noor menjelaskan, selain 18 petugas PT KAI dan 14 anggota POM TNI, PST tersebut juga diikuti langsung oleh Direktur Utama PT KAI Ignatius Jonan. Kehadiran Dirut PT KAI tak lain untuk memotivasi petugas gabungan tersebut agar terus semangat memberantas praktek penumpang gelap.

“Hanya dalam semalam, PST dapat mengembalikan kerugian sebesar Rp 12,5 juta. Dengan terus diintensifkannya PST, diharapkan kerugian PT KAI dapat terus ditekan” imbuh Manager Humas Daops VI Jogjakarta Eko Budiyanto.

Noor Hamidi mengungkapkan, diduga para penumpang gelap mengakali rutinnya PST yang digelar Daops VI dengan jalan menumpang KA Prameks menuju Stasiun Kutoarjo Purworejo Jateng. Pasalnya, pelaksanaan PST di Stasiun Kutoarjo cukup longgar. Hal itu dapat terjadi mengingat stasiun itu cukup jauh dari pengelolanya, yakni PT KAI Daops V Purwokerto.

“Maka itu, selain meninjau persiapan arus balik gelombang kedua (yang diprediksi jatuh pada hari ini), kedatangan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tunjung Indrawan Kamis lalu ke Stasiun Kutoarjo juga untuk berkoordinasi seputar pengintensifan PST” terang Noor. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s