Gubernur Desak Penyelesaian Amdal, Bupati Enggan Komentar

Posted: September 20, 2010 in news

Kulonprogo – Bupati Kulonprogo Toyo S Dipo enggan menanggapi pernyataan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X seputar proses penyusunan kerangka acuan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) pasir besi. “Tanya Pak Sekda saja, karena dia yang ikut rapatnya” ujar Toyo seusai menghadiri peresmian Pondok Transit Gratia Sendangsono, Banjaroyo, Kalibawang (17/9) siang.

Sebelumnya, di sela kunjungannya di Dengok Tanjungharjo Nanggulan, (16/9), Gubernur menegaskan bahwa penyusunan amdal pasir besi harus selesai pada Oktober tahun ini. ”Sebab, jadi atau tidaknya proyek pertambangan pasir besi ditentukan hasil amdal” tegasnya.

Mengenai upaya Paguyuban Petani Lahan Pantai (PPLP) mengajukan uji material (yudicial review) tentang Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DIY kepada Mahkamah Agung (MA), Sultan tidak ambil pusing. ”Silahkan saja. Yang jelas, hanya 300 – 800 hektar lahan saja yang akan ditambang, dari 3.000 hektar lahan yang disiapkan” katanya.

Hal senada disampaikan Toyo. Menurutnya, tanah yang akan dipakai untuk kepentingan pertambangan berupa lahan kosong (tidak berpenghuni). Jadi, keberadaan tambang pasir besi nantinya tidak akan mengganggu aktivitas warga pesisir.

Saat ditanya mengenai hal apa yang perlu ditekankan dalam penyusunan amdal, Toyo mengaku bukan kewenangannya untuk menjawab. ”Saya bukan ahli dalam bidang itu. Saya hanya sebagai pengambil kebijakan”. Toyo hanya bisa berharap agar proses penyusunan amdal dapat berjalan baik dan menelorkan hasil yang obyektif.

Mengenai penolakan warga pesisir terhadap rencana pertambangan pasir besi, Toyo mengatakan akan menampung aspirasi dari berbagai pihak. “Saya bertanggungjawab pada kesejahteraan masyarakat banyak, bukan hanya mengurus kepentingan kelompok tertentu saja. Seluruh pihak terkait harus duduk bersama menyelesaikan masalah ini dengan kepala dingin” pungkasnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s