Pemerintah Serius Garap 12 Pulau Tapal Batas

Posted: September 20, 2010 in hard news, news

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dihadang wartawan seusai meresmikan Pondok Transit Gratia Sendangsono

*Daerah Perbatasan Rawan Konflik

Kulonprogo – Dua belas pulau terluar di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berpotensi menimbulkan konflik dengan negara tetangga mendapat perhatian dan penanganan serius dari pemerintah dan instansi terkait. Hal itu ditegaskan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro seusai meresmikan Pondok Transit Gratia Sendangsono, Banjaroyo, Kalibawang (17/9) siang.

Pulau-pulau terluar itu di antaranya Pulau Sebatek di Nunukan, Kalimantan Timur yang berbatasan dengan Malaysia, Pulau Rondo di Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam berbatasan dengan India, Pulau Sekatung Kepulauan Natuna berbatasan dengan Vietnam, dan Pulau Mianggas di Sulawesi Utara berbatasan dengan Filipina.

“TNI AL terus mengintensifkan patroli rutin di pulau-pulau tapal batas itu” kata Purnomo. Sedangkan, pembangunan helipad untuk TNI AU di masing-masing pulau, imbuhnya, sulit dilakukan mengingat kondisi geografis pulau yang berbukit-bukit. “Peran TNI AL lebih dominan dalam pengawasan perbatasan. TNI AD dan TNI AU hanya memback-up saja” jelasnya.

Di samping meningkatkan patroli pengamanan, kata Menhan, penguatan segi ekonomi dan infrastruktur di pulau perbatasan juga memiliki andil besar dalam menjaga stabilitas pertahanan dan keamanan NKRI. “Pembangunan infrastruktur meliputi pengadaan sumber mata air bersih dan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Sebelumnya, saya sudah berkecimpung lama dalam dua hal itu” terang mantan Menteri Enerji dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu.

Saat ditanya keterkaitan jabatannya sebagai Menhan dalam peresmian Pondok Transit tersebut, Purnomo mengatakan kedatangannya ke Kulonprogo kali ini atas kepentingan pribadi. “Saya kemari sebagai Purnomo Yusgiantoro saja, tanpa embel-embel Menhan atau mengemban tugas kenegaraan” ujarnya seraya bergegas meninggalkan lokasi. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s