Sendratari Ramayana Tanpa Bulan Purnama

Posted: September 20, 2010 in feature, news

Salah satu adegan dalam sendratari ramayana di desa wisata Pendoworejo

*Puncak Gelar Budaya Desa Wisata Pendoworejo

Kulonprogo – Suasana libur Lebaran di Desa Wisata Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo resmi diakhiri dengan diselenggarakannya Sendratari Ramayana di lapangan desa setempat, kemarin. Pertunjukan bertajuk ‘Anoman Obong’ itu adalah puncak dari serangkaian acara dari Gelar Budaya yang digelar sejak H+2.

Jalannya sendratari berlangsung meriah meski pemerannya tidak sebanyak di Sendratari Ramayana di Candi Prambanan. Sakralnya pementasan cerita kepahlawanan dari India ini juga tidak berkurang meski keluar dari pakem, yakni digelar tidak bertepatan saat bulan purnama.

Gamelan yang ditabuh oleh seniman setempat dengan alunan yang terkadang lirih dan seketika rancak membuat penonton yang memadati lapangan sejak sore kian larut mengikuti jalannya sendratari. Cerita bermula dari kisah keberhasilan Rama memenangkan sayembara dan perkawinannya dengan Dewi Sita. Kisah berlanjut saat Rama dan Sita diusir ke hutan Dandaka hingga Sita diculik Rahwana.

Kisah berikutnya, Hanuman berangkat ke Alengka untuk mengembalikan Sita ke pangkuan Rama. Sendratari ditutup dengan adegan peperangan antara rombongan Rama dan tentara monyet melawan Rahwana dan bala-tentaranya. Rama pun berhasil membawa kembali Sita ke Ayodya dengan selamat.

Selain sendratari, puncak Gelar Budaya di Pendoworejo juga menampilkan beragam kesenian tradisional, seperti tari Kelono Topeng, ndolalak, serta hiburan musik organ tunggal. Kepala Dinas Budparpora Kulonprogo Sarjana yang turut menyaksikan sendratari itu mengaku sangat apresiatif terhadap gelar seni budaya di Desa Pendoworejo dalam memeriahkan perayaan Lebaran.

“Sebagai desa wisata, Pendoworejo harus mempertahankan dan melestarikan agenda-agenda seni budaya yang ada. Selain itu, dengan menyandang predikat sebagai desa wisata, masyarakat Pendoworejo juga harus siap menerima kunjungan wisatawan ke depannya” katanya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s