Talud Tebing Ambrol Diterjang Longsor

Posted: September 20, 2010 in hard news, news

Rumah salah satu warga Promasan terancam ambrol akibat talud tebing penyangganya longsor

Kulonprogo – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Kalibawang dalam sepekan ini mengakibatkan talud tebing di Dusun Promasan, Desa Banjaroyo ambrol diterjang longsor. Meski tidak menelan korban jiwa, kerusakan talud tersebut menimbulkan kerugian sekitar Rp 20 juta.

Musibah itu juga mengancam sebuah rumah yang dibangun tepat di atas tebing tersebut. Lantai ruang belakang di rumah yang ditinggali Sugiono (45) itu sebagian sudah tergerus, turut ambrol akibat longsor. Dari jalan desa di bawah tebing, terlihat jelas tiang-tiang yang menyangga atapnya sudah menggantung.

“Sebelumnya, talud tebing ini sudah retak sejak gempa dasyat mengguncang DIY dan sekitarnya pada 2006 silam. Retakan tersebut rupanya sudah tidak kuat menahan labilnya permukaan tebing selama empat tahun Apalagi akhir-akhir ini sudah memasuki musim penghujan” ujar Giono.

Dia menambahkan, longsor terjadi pada Kamis (16/9) lalu. Sejak siang hingga sekitar pukul 16.00, hujan lebat mengguyur Promasan. Tiba-tiba, terdengar gemuruh cukup keras dari belakang rumahnya. “Setelah saya tengok, ternyata tanah longsoran sudah menutup sebagian badan jalan” kata Giono.

Setelah hujan reda, warga sekitar bergotong-royong menyingkirkan tanah agar arus lalu lintas tidak terhambat. Hingga berita ini diturunkan, kondisi talud tersebut masih dibiarkan menganga.

Ditemui di lokasi kemarin, Camat Kalibawang Roehedy Goenoeng P mengatakan akan menggalang dana untuk membangun kembali talud dengan konstruksi yang lebih kuat. “Sementara masih dibiarkan seperti demikian. Warga yang melintas di bawah longsoran diimbau agar lebih waspada, terutama saat hujan turun” jelasnya.

Sedangkan untuk mencegah atap belakang rumahnya tidak menyusul ambrol, Giono dibantu warga setempat berencana untuk memasang tiang-tiang penyangga baru dari bambu. “Secepatnya akan dikerjakan” pungkas Sugiono. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s