Tiket KA Kelas Ekonomi Naik Mulai 1 Oktober

Posted: September 20, 2010 in hard news, news

Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Tunjung Indrawan

Kulonprogo – Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tunjung Indrawan mengatakan, mulai tanggal 1 Oktober 2010 PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana akan menaikkan tarif KA kelas ekonomi. Belum adanya penyesuaian tarif tiket kelas ekonomi sejak 2004 dinilai sebagai salah satu penyebab PT KAI terus merugi.

Menurut Tunjung, pemerintah tidak punya dana untuk menaikkan besaran dana subsidi (Public Service Obligation atau PSO) KA ekonomi kepada PT KA. Pasalnya, sejak tiga tahun terakhir, jumlah PSO selalu sama, yakni Rp 535 miliar. Padahal, jika melihat kebutuhan, seharusnya dana PSO ke PT KA sebesar Rp576 miliar.

“Jadi untuk menutup selisih yang mencapai Rp 41 miliar itu, penyesuaian harus dilakukan,” ungkapnya seusai melakukan inspeksi arus balik dengan menumpang KA Prameks jurusan Solo-Kutoarjo di Stasiun Kutoarjo Purworejo Jateng, Kamis (16/9) sore.

Tunjung memaparkan, untuk tiket KA ekonomi jarak jauh, akan naik sekitar 15-17%. Jarak menengah naik 30%. Jarak pendek naik 40%. kereta rel listrik (KRL) dan kereta rel diesel (KRD) naik 60%. Namun, dia mengimbau agar masyarakat tidak hanya melihat besaran prosentasenya.

Sebab, jika dihitung, kenaikan itu tetap jauh lebih murah dibandingkan tiket bus kelas ekonomi. Dia mencontohkan, tiket ekonomi tujuan Jogja-Jakarta yang saat ini masih Rp 35 ribu, maka hanya akan naik sekitar Rp 10 ribu saja.

“Sedangkan tiket bus ekonomi dengan tujuan yang sama sudah berkisar pada harga Rp 105 ribu” tandasnya. Begitu pula dengan tiket KRL dan KRD di Jabodetabek yang saat ini harganya hanya Rp 2 ribu. Dengan kenaikan sekitar Rp 1.500, jelas tidak memberatkan penumpang. “Bandingkan saja dengan ongkos ojek yang minim seharga Rp 5-7 ribu” tegasnya.

Wakil Dirut PT KAI Darmawan Daud yang juga turut dalam rombongan inspeksi dengan menumpang KA Prameks jurusan Solo-Kutoarjo itu menambahkan, dampak kenaikan tarif tiket tersebut juga bakal dirasakan langsung oleh para para penumpang KA kelas ekonomi.

“Jelas, kenaikan itu juga untuk meningkatkan pelayanan terhadap para penumpang. Rencana ke depan, seluruh KA kelas ekonomi akan dipasangi alat AC (Air Conditioner, red)” jelas Darmawan. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s