Truk Gandeng Terguling, 30 Ton Sabun Cuci Tumpah

Posted: September 21, 2010 in hard news, news

Kulonprogo – Sebuah truk gandeng bermuatan sabun cuci terguling di Jalan Jogja-Wates Km 20, atau tepatnya di wilayah Dusun Dudukan, Desa Sukoreno, Kecamatan Sentolo, Selasa (21/9) sekitar pukul 11.15. Meski tidak memakan korban jiwa, kecelakaan tunggal itu mengakibatkan kerugian materi hingga ratusan juta rupiah.

Pasalnya, 30 ton dus sabun cuci yang diangkut truk bernopol AG 8064 UG itu tumpah dijalan dan lebih dari separuhnya rusak. Sopir truk Sriyono (29) warga Kediri Jatim menuturkan, kecelakaan itu karena putusnya sambungan gandengan saat truk yang dikemudikannya menuruni jalan Dudukan.

“Putusnya sambungan membuat bak gandengan terguling dan terseret. Meski sudah menginjak pedal rem dan menahan stir, tetap saja truk ikut terguling. Sebab, bak gandengan sangat sarat muatan” ujarnya sembari sibuk menyelamatkan cuci yang masih utuh ke tepi jalan. Sementara, kernet truk Ismunir (23) mengatakan truk berangkat dari Wonocolo, Surabaya, Jatim hendak menuju Sokaraja Purwokerto Jateng.

Mendapat informasi adanya truk terguling, petugas dari Polsek Sentolo yang dipimpin Kapolsek AKP Henry Multi langsung merapat ke lokasi. Menurut Henry, kedatangan anggotanya untuk mengantisipasi terjadinya aksi penjarahan massal dari warga sekitar.

“Kesadaran masyarakat cukup tinggi. Mereka berdatangan untuk gotong-royong menyingkirkan dus sabun dari lokasi sementara menunggu truk Derek yang akan menyingkirkan truk dari badan jalan” terang Henry.

Pantauan di lapangan, badan truk gandeng yang melintang di tengah jalan ruas selatan itu menyebabkan arus lalu lintas dari arah Jogja menuju Wates lumpuh total. Untuk itu, sejumlah polisi lalu-lintas Polres Kulonprogo langsung mengalihkan arus kendaraan melewati jalur ruas utara.

Kanit Laka Polres Kulonprogo Ipda Handreas Ardian mengatakan, sementara menunggu jalan ruas selatan dapat difungsikan kembali, terpaksa jalan ruas utara dibagi menjadi dua arah. “Kami masih menunggu kedatangan mobil derek untuk menyingkirkan truk dari badan jalan” jelasnya.

Handreas juga mengimbau warga yang bergotong-royong agar tidak merokok. Sebab, solar truk tumpah dan membanjiri jalanan. Informasi dindamned.wordpress.com menyebutkan, mobil derek baru tiba di lokasi sekitar pukul 14.20. (leo)

Kronologis : Truk melaju dari Timur (Jogja) ke Barat (Wates). Saat melintas Jalan Dudukan, Sukoreno, Sentolo yang menanjak, truk masih dalam kondisi normal. Namun ketika truk menuruni jalan setelah tanjakan, tiba-tiba sambungan gandengan putus. Akibatnya, bak belakang terguling dan terseret. Karena bak belakang sarat muatan, truk tak dapat menahan dan ikut terguling sehingga melintang di jalan. Beruntung saat itu, arus lalu-lintas tidak padat. Sehingga tidak mengakibatkan kecelakaan beruntun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s