Dishubkominfo Disorot Dewan

Posted: September 22, 2010 in news

*Pengadaan Tujuh Mobil Pickup Dinilai Tidak Jelas

Kulonprogo – Fraksi Partai Amanat Nasional dan Badan Anggaran DPRD Kulonprogo menyoroti pengadaan tujuh unit mobil pick up oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kulonprogo. Hal itu terungkap dalam sidang paripurna dengan agenda pembahasan Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2010 di Gedung Dewan, Selasa (22/9) siang.

Pengadaan tujuh unit mobil pick up oleh itu dinilai tidak jelas. Pasalnya, dalam pengadaan itu, Dishubkominfo belum menjelaskan secara rinci mobil pick up itu akan dialokasikan kemana. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Fraksi PAN dalam pandangan umumnya terhadap peraturan Bupati Kulonprogo tentang penjabaran perubahan APBD 2010.

“Semua pengadaan harus mempunyai kejelasan, baik perihal peruntukkannya maupun alokasi kebutuhan anggaran dan pembiayaan yang akan digunakan” terang Ketua Fraksi Amanat Nasional Priyo Santosa.

Hal senada disampaikan oleh juru bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD, Hamam Cahyadi. Dari sekian banyak pertanyaan yang diajukan Banggar terhadap setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), kejelasan peruntukan pengadaan mobil pick-up oleh Dishubkominfo adalah salah satu poin penting yang disampaikan dalam sidang paripurna. “Kami mohon penjelasan, kegunaannya (tujuh unit mobil pick up) untuk apa” kata Hamam.

Terpisah, Kabid Angkutan Terminal dan Perpakiran Dishubkominfo Suparlan mengungkapkan pengadaan kendaraan ini menggunakan dana dari Kementerian Desa Tertinggal melalui DAK (Dana Alokasi Khusus).

“Jenis kendaraan yang diadakan berupa mobil pickup sebanyak tujuh unit. Dana yang digunakan sebesar Rp 980 juta. Sedangkan pendampingan dari pemerintah daerah sebesar 10 persen” jelasnya.

Suparlan menambahkan, pengadaan itu sesuai dengan program dari Kementerian Desa Tertinggal. Rencananya, kendaraan tersebut diserahkan ke desa yang masuk kategori desa tertinggal. “Hanya saja, untuk desa mana saja belum diketahui secara pasti. Masih menunggu kajian dan keputusan Bupati” ujarnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s