Kabar Balita Malang Sentil Para Pejabat

Posted: September 22, 2010 in news

*Orangtua Diminta Ajukan Permohonan Bantuan ke Pemkab

Kulonprogo – Tersiarnya kabar balita malang, Bunga Nantia Larassuni (1), yang menderita kelainan jantung bocor rupanya cukup menyentil telinga para pejabat di Kabupaten Kulonprogo. Oleh Sekda Budi Wibowo, orangtua balita asal Dusun Tegallembut Giripeni Wates itu diminta segera mengajukan surat permohonan bantuan kepada Bupati Toyo S Dipo.

“Sebelum ke bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kulonprogo, orangtua balita terlebih dahulu mengajukan permohonan bantuan melalui aparat pemerintahan desa setempat” kata Budi di ruang kerjanya, Rabu (22/9) siang.

Setelah surat permohonan masuk ke bagian Kesra, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) akan melakukan tinjauan ke lokasi. Laporan dari Dinkes nantinya menjadi masukan bagi para pengambil kebijakan di Pemkab untuk menetapkan besaran bantuan yang akan diberikan.

Untuk diketahui, orangtua balita malang itu sebenarnya telah memegang kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Sesuai aturan yang berlaku, warga miskin yang tercakup dalam program Jamkesda berhak mendapat keringanan maksimal sebesar Rp 5 juta dalam satu tahun.

Namun, besaran itu jauh dari cukup untuk membiayai pengobatan Bunga Nantia. Sebagaimana dikatakan ibu balita malang itu, Parmi (33), pihak RSUP Dr Sardjito Yogyakarta menaksir biaya sebesar Rp 32 juta untuk biaya operasi menutup kebocoran jantung Bunga selebar 2 milimeter.

“Selain jantung bocor, putri kedua saya juga mengalami pembengkakan paru-paru. Kami benar-benar tidak mampu membayar biaya operasi sebesar itu” kata Parmi di rumahnya, belum lama ini.

Sesuai prosedur, dana pendamping dari bagian Kesra hanya dianggarkan bagi keluarga miskin yang belum tercakup dalam program Jamkesda, Jamkesos, dan Jamkesmas. Untuk kasus insidentil seperti yang menimpa balita malang ini, pihak Pemkab memberikan keringanan. “Orangtuanya bisa mengajikan permohonan. Besarannya nanti menunggu hasil koordinasi dan melihat kemampuan pendanaan yang ada” pungkas Sekda. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s