Gubernur Tak Yakin RUUK DIY Selesai Tahun Ini

Posted: September 23, 2010 in news

Gubernur DIY Hamengku Buwono X

Kulonprogo – Gubernur DIY Hamengku Buwono X belum yakin jika pembahasan Rancangan Undang-Undang Keistimewaan (RUUK) DIY dapat selesai tahun ini. Bahkan, Gubernur justru mempertanyakan draft RUUK yang ada saat ini ditandatangani oleh siapa.

“RUUK DIY sampai saat ini masih dalam proses. Saya tidak yakin RUUK bisa selesai akhir tahun ini” kata Gubernur saat ditemui seusai menghadiri acara Syawalan dengan Muspida, Pejabat Pemkab, dan tokoh masyarakat Kulonprogo di Gedung Kesenian Wates, Kamis (23/9) siang.

Untuk diketahui, DPRD DIY batal mengirimkan delegasi ke Jakarta pada Jumat dan Sabtu (24-25/9) karena sikap yang akan dibawa ke DPR RI dan pemerintah pusat belum bulat. Maka itu, pimpinan DPRD DIY diminta bertemu dengan Sultan Hamengku Buwono X untuk meminta sikap terkait isi Keistimewaan DIY.

Kurang tegasnya Gubernur berkaitan dengan isi Keistimewaan DIY itu membuat banyak kalangan masyarakat mengaku ragu untuk melanjutkan aksi memberi dukungan keistimewaan dengan penetapan. Hal itu juga dirasakan oleh segenap masyarakat di Kulonprogo, salah satunya adalah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Bodronoyo Kulonprogo.

Ketua Bodronoyo Sukarman mengatakan, hingga kini Sultan belum memperlihatkan ketegasan mengenai keistimewaan DIY dengan penetapan RUUK. Alhasil, masyarakat kian bingung untuk menentukan langkah yang diambil. “Kini kami ragu untuk melakukan aksi dukungan lebih lanjut. Entah, apakah masih perlu dikawal atau dibiarkan menggelinding liar di Jakarta sana,”ujarnya.

Meski demikian, Sukarman menegaskan bahwa APDESI Bodronoyo tetap konsisten mendukung keistimewaan DIJ dengan penetapan. Sikap tersebut diambilnya setelah mempertimbangkan aspirasi dan sejarah DIJ sendiri.

“Mumpung belum ditetapkan menjadi undang-undang, kita semua harus melakukan pengawalan” ujar kepala desa Panjatan ini. Menurutnya, tidak salah jika masyarakat menginginkan adanya penetapan. “Karena roh-nya Jogjakarta itu adalah Sultan sendiri” pungkasnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s