KPUD Anggarkan Dana Sembilan Miliar Untuk Pilkada 2011

Posted: September 25, 2010 in news

Kulonprogo – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kulonprogo menganggarkan dana sekitar Rp 9 miliar guna pelaksanaan pilkada tahun depan. Untuk tahun ini, anggran yang disetujui baru sebesar Rp 349 juta untuk persiapan pilkada.

“Tahun ini, anggaran yang diajukan sudah disetujui sebesar Rp 349 juta. Sedangkan untuk tahun anggaran 2011, diusulkan Rp 6 miliar untuk putaran pertama dan Rp 2,7 miliar untuk putaran kedua” terang Ketua KPUD Kulonprogo Siti Ghoniyatun di kantornya, belum lama ini.

Menurut Siti, besaran biaya pilkada sudah dianggarakan jauh-jauh hari. Sebab, sesuai aturan yang berlaku, segala sesuatunya harus sudah siap tujuh bulan sebelum pelaksanaan pilkada, yakni 19 Juni 2011.

“Saat ini kami sedang mematangkan segala persiapan untuk penyelenggaraan Pilkada. Penyusunan program dan anggaran Pilkada mengikuti jadwal penyusunan APBD sesuai dengan tahun anggaran.”ujarnya.

Dalam waktu dekat ini, imbuh Siti, tahapan yang akan dilakukan oleh KPUD Kulonprogo yakni membentuk dan melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Pendaftaran bagi warga yang berminat menjadi PPK dan PPS akan dibuka pada Oktober hingga November mendatang.

“Dengan demikian, pada Desember nanti, panitia di tingkat kecamatan bisa segera dilantik sekaligus langsung melakukan rapat kerja” harapnya. Siti juga berharap agar pilkada tahun depan dapat selesai dalam satu putaran. Sehingga, pemerintah dapat menghemat anggaran sebesar Rp 2,7 miliar untuk pelaksanaan pilkada putaran kedua. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s