Setelah Empat Bulan, Protes Warga Baru Direspon DPU

Posted: September 27, 2010 in hard news, news

*TPA Ringinardi Akan Dipindah ke TPA Banyuroto

Kulonprogo – Warga Dusun Ringinardi, Karangsari, Pengasih setidaknya bisa ‘sedikit’ bernapas lega. Setelah menunggu lebih dari empat bulan, tuntutan mereka untuk menghentikan aktifitas pembuangan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Ringinardi mulai direspon Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kulonprogo.

Rencananya, dalam waktu dekat DPU akan melakukan ujicoba membuang sampah di TPA Banyuroto Nanggulan. Pasalnya, TPA Ringinardi dinilai sudah tidak mampu lagi menampung sampah dari Kota Wates.

“Sebelas truk sampah yang biasa membuang di TPA Ringinardi akan mulai dialihkan ke TPA Banyuroto Nanggulan. Targetnya, ujicoba ini akan dilakukan hingga akhir tahun depan” terang Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPU Suroto, Senin (27/9).

Suroto menambahkan, rencana ujicoba ini digagas jauh sebelum warga Dusun Ringinardi melakukan aksi protes dengan melakukan pemblokiran akses masuk ke TPA Ringinardi untuk truk-truk pengangkut sampah.

“Sebenarnya jumlah sampah di Kulonprogo tidak separah kabupaten lain di DIY. Sebab, dalam satu hari hanya ada sekitar 70-80 meter kubik sampah yang masuk ke TPA Ringinardi” jelas Suroto.

Sebelumnya, Kadus Ringinardi Agus Dwi Iswanto mengatakan, sebenarnya warga tidak akan melakukan pemblokiran jalan seandainya TPA Ringinardi dikelola dengan baik.

“Permintaan warga untuk menutup TPA Ringinardi bukanlah harga mati. Warga hanya menyoalkan kurang seriusnya pengelolaan TPA yang berdampak pada pencemaran lingkungan” terangnya. Mski demikian, Agus tetap berharap agar rencana ujicoba tersebut dapat berjalan dengan semestinya. (leo)

Comments
  1. dmr says:

    pindah aja…sampah di TPA ringinardi dah numpuk..ga enak dilihat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s