Bantuan Semen Berkurang Dikeluhkan Warga

Posted: September 30, 2010 in news

Kulonprogo – Berkurangnya bantuan semen dari pemkab untuk seluruh desa di Kulonprogo dikeluhkan oleh sebagian warga. Menurunnya jumlah bantuan semen dari APBD tahun 2010 itu kian diperparah dengan sistem bagi rata yang diterapkan di masing-masing pedukuhan.

Hal itu sebagaimana ditemui di Pedukuhan Blumbang, Karangsari, Pngasih. Bantuan sebanyak 12 sak semen untuk satu pedukuhan itu dibagi untuk empat rukun tetangga (RT). Jadi, masing-masing RT hanya mendapat tiga semen saja.

“Bantuan tiga sak semen itu hanya cukup untuk pembuatan pangkal tiang bendera saja” ujar Heri Widodo (35) warga setempat, Kamis (30/9). Padahal, RT di tempatnya tinggal sudah lama mengajukan proposal bantuan semen guna melanjutkan pembuatan corblok dan pembangunan infrastruktur lainnya.

Heri membenarkan jika bantuan semen itu sebagai stimultan untuk mendorong masyarakat membangun lingkungannya. Namun jika bantuan yang diterima hanya tiga sak semen saja, jelas warga kesulitan untuk memikul kekurangannya.

“Jika bantuan semen hanya sedikit, sebaiknya dialokasikan khusus per wilayah saja” imbuh Heri. Dia mencontohkan, bantuan semen tahun ini khusus diberikan untuk satu wilayah yang membutuhkan. Sedangkan di tahun mendatang, bantuan diberikan ke wilayah lain. “Dengan demikian, bantuan akan lebih bermanfaat. Namun sayangnya banyak warga yang berebut, minta bantuan itu dibagi rata” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Najib membenarkan jika bantuan semen tahun ini mengalami penurunan. “Bantuan semen pada 2009 mencapai 30.400 sak. Sedangkan tahun ini hanya 29.750 sak” jelasnya, kemarin. Padahal, tambah Najib, proposal permohonan bantuan yang masuk ada 4.371 buah. “Saya pusing membaginya” kata Najib.

Najib menambahkan, jika pembagian semen bantuan mengalami kendala di lapangan, sebaiknya kades di desa yang bersangkutan dapat mengambil kebijakan. “Misalnya dengan pemberian bantuan secara bergilir. Diprioritaskan untuk wilayah mana yang paling memerlukan. Itu bisa diatur kades” pungkasnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s