Ibu Negara Resmikan Desa Sejahtera Hargotirto Kokap

Posted: September 30, 2010 in news

Kulonprogo – Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono sangat mendukung program kerjasama antara Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) dalam gerakan nasional pemberdayaan menuju masyarakat sejahtera melalui pendampingan mahasiswa secara berkesinambungan. Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam peresmian Desa Sejahtera Hargotirto, Kokap yang bertempat di Waduk Sermo, Rabu (29/9) siang.

Selain Ibu Negara, peresmian itu juga dihadiri oleh Ibu Herawati Budiono, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Hemas, Rektor UGM Sudjarwadi, Ibu Ratna Djoko Suyanto (istri Menkopolhukam) dan Ibu Okke Hatta Radjasa (istri Menteri Perekonomian), dan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad beserta istri.

Peresmian itu diawali dengan penandatanganan prasasti oleh Ibu Negara. Dalam kesempatan itu, Ani Yudhoyono juga menyerahkan bantuan berupa satu mobil sehat dan lima motor sehat. Sebelum meneruskan langkah ke Komplek Rumah Pintar, Ani Yudhoyono beserta rombongan juga melakukan penanaman benih pohon kepel di tepi Waduk Sermo dan dilanjutkan dengan menebar benih ikan lele dan nila ke waduk.

“Saya sangat mendukung dan menyambut baik program KKN-PPM UGM yang sejauh ini telah mendapatkan pengakuan baik di tingkat regional, nasional, bahkan luar negeri” kata Ani dalam pidatonya.

Sebelumnya, Sultan mengatakan Desa Hargotirto memiliki karakteristik dominan hortikultura. Keberadaan industri gula semut, kakao serta budidaya kambing Etawa merupakan tantangan bagi program SIKIB-UGM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang saat ini memiliki pendapatan Rp 21.000 per hari.

Sementara itu, Rektor UGM Sudjarwadi mengatakan, gagasan program desa sejahtera diharapkan bisa disebarluaskan ke seluruh Indonesia. “Kemitraan SIKIB-UGM diawali dengan inisiatif  Fakultas Kedokteran UGM untuk mendukung Indonesia Sehat. Kemitraan itu telah berkembang menjadi pendekatan integratif desa sejahtera yang memiliki 5 perspektif pembangunan, yaitu sehat, pintar, kreatif, hijau dan peduli” katanya. (leo)

Comments
  1. PAIJO says:

    WASPADA ! DENGAN DISAKSIKAN TUHAN ALLAH SWT. SUKIJO GUNUNG PENTUL, KARANGSARI, PENGASIH TENAGA BENGKEL SEPEDA MOTOR UTARA MASJID AGUNG WATES ADALAH PENADAH DAN PEMAKAI BARANG-BARANG CURIAN, KERUGIAN PARA KORBAN MENCAPAI 95 JUTA RUPIAH LEBIH. PENGIRIM BERITA PAIJO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s