Masih Ada Kades dan Perangkat Desa Merangkap Jabatan di Parpol

Posted: September 30, 2010 in news

*Perda PPPK Belum Efektif

Kulonprogo – Meski sudah disahkan beberapa waktu lalu, namun peraturan daerah tentang Pemilihan Pengangkatan dan Pemberhentian Kades (PPPK) belum efektif diberlakukan. Pasalnya, hingga kini masih banyak ditemui kepala desa dan perangkat desa yang memegang jabatan di struktur organisasi partai politik.

Salah satu anggota Fraksi Demokrat DPRD Kulonprogo Tejo Supono mengatakan, amanat yang tertuang dalam perda tersebut belum ditindaklanjuti oleh dinas/instansi terkait. “Kami mohon eksekutif, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkait, para kepala desa dan perangkat desa yang merangkap jadi anggota parpol agar segera menindaklanjuti perda PPPK” kata Tejo saat ditemui di Gedung Dewan, Selasa (28/9) siang.

Tejo menambahkan, dalam perda tersebut tersedia dua opsi yang bisa diambil sebagai upaya menindak tegas kades dan perangkat desa yang merangkap jabatan di parpol. “Kades dan perangkat desa tinggal memilih. Jika masih ingin menjabat sebagai kades atau perangkat desa, mereka diminta meninggalkan jabatannya dalam parpol” jelasnya.

Begitu juga sebaliknya. Jika lebih memilih jabatannya dalam parpol, maka kades dan perangkat desa yang bersangkutan diminta untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai aparat pemerintah desa.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Komisi I DPRD Kulonprogo Sri Murdopo. Menurutnya, kades dan perangkat desa yang bersangkutan juga bisa ‘dilengserkan’ melalui Surat Keputusan Bupati yang mengacu pada regulasi perda PPPK yang sudah disahkan tersebut. “Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, kami mengimbau Pemkab agar segera menindaklanjuti Perda PPPK” ujar Sri Murdopo.

Mengenai hal itu, Kabag Hukum Setda Kulonprogo Heriyanto belum bisa dikonfirmasi. Saat hendak ditemui di kantornya, asisten Kabag mengatakan beliau tengah rapat di Gedung Dewan. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s