Pelaku Penipuan Diringkus di Losmen

Posted: September 30, 2010 in hard news, news

Kulonprogo – Setelah melakukan pengejaran selama sekitar empat bulan, petugas gabungan unit reskrim Polsek Pengasih dan Polres Kulonprogo akhirnya berhasil meringkus pelaku penipuan, Ni Wayan Suartini (35) di sekitar Pasar Wates, Selasa (28/9) malam.

Perempuan asal Pedukuhan Karongan, Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih itu diduga telah melakukan penipuan dengan modus pura-pura membeli sapi dari para pedagang. Setidaknya sudah ada enam pedagang yang mengaku menjadi korbannya dengan kerugian total mencapai sekitar Rp 100 juta.

Kasatreskrim Polres Kulonprogo AKP Suhadi menjelaskan, pelaku menipu korbannya dengan berpura-pura melakukan transaksi jual beli sapi. “Setelah harga disepakati, pelaku hanya membayar uang muka saja. Sedangkan sapi dari pedagang sudah diangkut semua. Namun hingga batas waktu yang ditentukan, pelaku belum juga melunasi kekurangan pembayarannya” jelas Suhadi, Rabu (29/9) siang.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu korban, Marsudi (50) warga Pedukuhan Karangasem, Kedungsari, Pengasih. Pada Juli lalu, Marsudi didatangi laki-laki yang mengaku sebagai suruhan pelaku. Dengan menggunakan mobil, laki-laki itu mengangkut sembilan ekor sapi yang seharga Rp 63 juta. Namun, pelaku baru membayar Rp 5 juta. Sedangkan sisanya tak kunjung dibayarkan

Kanit Reskrim Polsek Pengasih Ipda Widjajanto mengatakan, meski berjenis kelamin perempuan, pelaku penipuan ini terbilang ubet. “Setelah melakukan pengejaran cukup lama, pelaku akhirnya dapat diringkus di sebuah losmen di dekat Pasar Wates pada Selasa (28/9) malam. Saat itu juga pelaku langsung digelandang ke Mapolres Kulonprogo” jelasnya. Widjajanto menambahkan, atas perbuatannya pelaku bakal dijerat dengan pasal 379a KUHP dengan hukuman maksimal empat tahun penjara. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s