Gaji PNS Tetap Dapat Porsi Terbesar

Posted: October 1, 2010 in news

* APBD Perubahan Kulonprogo 2010

Kulonprogo – Meski pendapatan APBD Kulonprogo mengalami peningkatan, namun di sisi lain belanja daerah juga mengalami pembengkakan. Untuk belanja langsung seperti menggaji PNS saja sudah sekitar Rp 53,46 miliar.

Alhasil, defisit anggaran pun tetap terjadi hingga sebesar Rp 12,34 miliar. Namun, defisit ini dapat ditutup dengan pembiayaan daerah, yaitu dari selisih lebih realisasi penerimaan dan pengeluaran anggaran (SILPA) tahun sebelumnya dan penerimaan piutang daerah.

Hal itu terungkap dalam rapat paripurna pembahasan raperda tentang perubahan APBD 2010 di Gedung DPRD Kulonprogo, Kamis (30/9) lalu. Dalam pidato penyampaian pendapat akhirnya, Bupati Kulonprogo Toyo S Dipo mengatakan, secara pendapatan APBD Kulonprogo mencapai Rp 628,31 miliar, meningkat sekitar Rp 63,1 miliar dari sebelumnya.

Namun, belanja daerah pun meningkat hingga mencapai Rp 671,76 miliar. Yakni dengan rincian belanja tidak langsung sebesar Rp 494,83 miliar dan belanja langsung sebesar Rp 176,92 miliar. Tak dapat dipungkiri, peningkatan belanja langsung itu salah satunya akibat besarnya biaya untuk gaji PNS, yaitu sekitar Rp 53,46 miliar.

“Realisasi APBD 2010 harus dilaksanakan secara cermat dan cepat. Sebab, tahun anggaran 2010 hanya tersisa sekitar tiga bulan” kata Toyo. Ia juga berharap agar di tahun 2010 ini opini keuangan harus meningkat. “Menjadi wajar tanpa pengecualian (WTP) harus terwujud,” tegasnya.

Sementara itu, mengenai belanja daerah, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kulonprogo menyoroti beberapa hal terkait dengan program dan kegiatan yang perlu menjadi perhatian serius Bupati dan jajarannya. Di antaranya, pelaksanaan BOS Pusat, Bosda Provinsi dan Kabupaten oleh Dinas Pendidikan. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) pun tak luput dari sorotan Banggar.

“DPU agar bertindak tegas terhadap rekanan yang berbuat curang dan nakal. Dalam hal ini pihak terkait, di antaranya LPJK sebagai Pembina Jasa Konstruksi dilibatkan guna mengatasi hal tersebut” kata juru bicara Banggar Hamam Cahyadi. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s