Angin Lisus Kembali Terjang Kulonprogo

Posted: October 4, 2010 in hard news, news

Kulonprogo – Angin lisus kembali menerjang Kulonprogo. Kali ini, giliran Desa Donomulyo, Kecamatan Nanggulan yang diporakporandakan angin berkekuatan cukup dasyat itu, Senin (4/10) petang. Data yang diperoleh hingga Senin malam, setidaknya ada empat rumah warga rusak tertimpa pohon. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Namun, kerugian materi akibat terjangan angin lisus itu diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Pasalnya, sebuah kandang ayam berisi 6.000 ekor ayam milik Suyono (45) warga Dusun Plugon rata dengan tanah. Sebagian ayam pedaging yang sudah siap dipanen itu tewas tergencet reruntuhan kandang.

Salah satu warga setempat, Suharno (40) mengatakan, angin kencang itu datang bertahap selama tiga kali. “Sebelum adzan Maghrib, hujan turun tidak terlalu deras disertai dengan angin yang berhembus cukup kencang. Tak lama kemudian, angin kembali datang sebanyak dua kali dan jauh lebih dasyat dari sebelumnya” ujarnya.

Suharno menambahkan, angin lisus hanya berlangsung sekitar lima menit. Namun, suaranya yang bergemuruh membuat warga berhamburan keluar karena takut rumahnya roboh. Setelah angin mereda, warga langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek Nanggulan dan diteruskan ke Kantor Kesbanglinmas Kulonprogo.

Tak lama kemudian, petugas polsek Nanggulan beserta Kasi Linmas Made Arsa Wijaya dan rombongan tiba di lokasi dengan membawa beberapa buah gergaji mesin. Dengan bantuan warga setempat, petugas gabungan langsung bergotong-royong menyingkirkan bangkai pohon yang malang-melintang menutup akses jalan.

“Data sementara, ada empat pedukuhan di Desa Donomulyo yang lumayan parah. Yakni di Dukuh Plugon, Bandung, Kemukus, dan Donomerto” kata Made di lokasi.

Sebelumnya, hujan lebat disertai angin lisus juga menerpa Desa Banjarharjo dan Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Sabtu (2/10) petang. Sebanyak 53 rumah warga dilaporkan rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang. Juga tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, kerugian material mencapai Rp 313 juta. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s