Bencana Tanah Ambles di Girimulyo

Posted: October 5, 2010 in hard news, news

*Satu Rumah dan Bangunan TK Terancam

Kulonprogo – Bencana alam bertubi-tubi menimpa Kulonprogo. Setelah dua kecamatan, yakni Kalibawang dan Nanggulan diterjang angin lisus, kini giliran Kecamatan Girimulyo dikejutkan adanya tanah ambles. Lubang berdiameter sekitar 3 meter dengan kedalaman mencapai 4 meter itu menganga di Dusun Sabrang Kidul, Desa Purwosari, Girimulyo, Selasa (5/10) pagi.

Meski tidak memakan korban jiwa, amblesnya tanah itu mengancam dua bangunan di sekitar lokasi, yakni rumah Atmo Suwito (75) dan TK Ibnu Abbas XII. Pasalnya, lubang itu tepat berada di belakang rumah Atmo yang bersebelahan dengan bangunan TK tersebut.

Akibatnya, rumah yang dihuni enam orang itu harus dikosongkan. Sedangkan kegiatan belajar mengajar murid TK dipindahkan ke rumah warga yang lebih aman. Selain itu, amblesnya tanah juga menimbulkan retakan di sekitar lokasi hingga berdiameter sekitar 10 meter. Dinding dapur Atmo juga mengalami retak di beberapa bagian.

Atmo menuturkan, amblesnya tanah terjadi sejak Senin (4/10) sore sekitar pukul 16.00 WIB. “Saat itu kami mendengar suara dentuman yang cukup keras. Kami kira ada gas elpiji meledak. Namun setelah dicek, ada garis retakan di dapur. Setelah diturut alurnya, ternyata di luar rumah ada lubang, tanahnya ambles” katanya. Dentuman serupa terdengar lagi selepas Magrib dan beberapa kali terulang hingga Selasa (5/10) pagi.

“Dentuman itu layaknya suara meriam. Namun, yang paling menggelegar baru terdengar pada Selasa pagi sekitar pukul 04.30 WIB” jelas Suroso. Bahkan, getaran akibat dentuman itu terasa sampai di masjid yang berjarak 20 meter dari lokasi tanah ambles.

Warga lain Sarji (43) mengatakan, semula lubang itu hanya berdiameter sekitar dua meter. Namun, kedalamannya bisa lebih dari 5 meter. Sebab, saat disorot pakai senter tidak terlihat dasarnya. “Setelah itu tanah ambles. Dinding lubang pun turut ambles hingga diameternya semakin lebar. Namun, kedalamannya sudah banyak berkurang akibat tertimbun tanah ambles susulan” terangnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s