Babak Baru Kasus Korupsi Dana LKM Tuksono

Posted: October 7, 2010 in hard news, news

*Kejari Bakal Seret Tersangka Lain

Kulonprogo – Mantan ketua lembaga keuangan mikro (LKM) Binangun Desa Tuksono, Sukirman (45), kini telah ditahan oleh pihak Kejaksaan Negeri Wates. Sukirman yang semula hanya sebagai saksi dalam persidangan kasus korupsi dana LKM yang menyeret Kades Tuksono Saryono, akan segera menyandang status terdakwa dalam kasus serupa.

“Berkas perkara Sukirman telah selesai disusun oleh tim jaksa penyidik Pidana Khusus (Pidsus) dan akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Wates. Rencananya, minggu depan berkasnya akan kita ajukan” kata Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Wates Putro Haryanto, Kamis (7/10) siang.

Putro menambahkan, Sukirman diketahui menggunakan dana LKM untuk investasi pembangunan tower sebesar 124 juta, investasi ke PT Usaha Jaya Kita Bersama (UKB) sebesar 150 juta, dan modal pendirian koperasi tanpa badan hukum sebesar 10 juta. Total kerugian negara hampir mencapai 300 juta.

Kerugian ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan mantan Kades Tuksono yang diduga melakukan korupsi dana LKM sebesar Rp 121 juta ditambah bunga yang belum terbayar menjadi Rp 165 juta.

Selain itu, saat memberikan kesaksian dalam persidangan Kades Tuksono pada 18 Agustus lalu, terungkap jika Sukirman melanggar prosedur pemberian pinjaman dana LKM kepada Kades Saryono. Sukirman berkali-kali memberikan pinjaman meski dia tahu Saryono mengatasnamakan orang lain, baik itu anggota keluarga maupun tetangga dekatnya.

Saat ditanya mengenai kemungkinan lolosnya Saryono sebagaimana kerap terjadi dalam beberapa kasus korupsi yang pernah dipersidangkan di PN Wates,  Putro hanya menyerahkan keputusan kepada majelis hakim. “Besok Senin (11/10) agendanya pembelaan terdakwa. Kita lihat saja perkembangannya” singkat Putro. (leo)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s