Diduga Ada Sungai Bawah Tanah Dari Gunung Sibolong

Posted: October 11, 2010 in hard news, news

*Hasil Penelitian Sementara Tim Ahli Geologi UGM

Kulonprogo – Ditemukannya sejumlah lubang mata air di sekitar lokasi tanah ambles di Dusun Sabrang Kidul, Purwosari, Girimulyo menguatkan dugaan adanya aliran sungai bawah tanah dari Gunung Sibolong, wilayah Desa Jatimulyo Girimulyo.

Temuan itu terungkap setelah para pakar dari Fakultas Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada mengadakan penelitian di lokasi pada Jumat-Sabtu (8-9/10).Diberitakan sebelumnya, penelitian oleh sejumlah pakar geologi dari UGM itu berawal dari permintaan Bupati Kulonprogo Toyo S Dipo seusai meninjau lokasi ambles pada Kamis (7/10).

Ketua Jurusan Teknik Geologi UGM Dwikorita Karnawati menuturkan, ada kemungkinan aliran air bawah tanah dari Gunung Sibolong melewati bawah permukaan lokasi amblesnya tanah di Dusun Sabrang Kidul.

“Tim peneliti akan mendatangkan alat ground-penetrating radar (Geo-radar) yang tiba di lokasi sekitar tiga minggu lagi. Alat tersebut bermanfaat untuk mendeteksi lapisan tanah dan batuan di bawah lokasi tanah ambles” kata Dwikorita saat dikonfirmasi, Minggu (10/10).

Untuk diketahui, Geo-radar (GPR) merupakan salah satu metode survey untuk tanah, bangunan dan kondisi bawah permukaan (hingga kedalaman 30 meter) tanpa harus melakukan penggalian.

Dwikorita menambahkan, pihaknya akan mendeteksi kemungkinan adanya rongga-rongga tanah di bawah lokasi. Seandainya terbukti memang ada rongga, akan dilakukan penelitian lebih jauh untuk mengetahui, apakah rongga itu hanya celah atau sungai.

“Tak henti kami mengimbau warga yang bermukim di sekitar lokasi tanah ambles untuk meningkatkan waspada. Lebih lagi jika turun hujan deras yang durasinya lebih dari satu jam” imbuh salah satu pakar gempa dari UGM itu. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s