Mancing di Underpass Sentil Pemkab

Posted: October 11, 2010 in hard news, news

*Tanggapi Tuntutan Warga, Gelontorkan Dana Rp 2 Juta

Kulonprogo – Aksi memancing bersama yang dilakukan warga Dusun Tapen, Hargomulyo, Kokap di underpass (jalan melintang di bawah rel kereta api) Tapen, Minggu (10/10), rupanya cukup menyentil ‘telinga’ pemkab Kulonprogo. Senin (11/10) kemarin, Sekda Kulonprogo Budi Wibowo langsung menggelontorkan dana sebesar Rp 2 juta untuk biaya operasional pompa air.

“Sebelumnya saya sudah dengar adanya rencana lomba memancing itu. Rencananya saya minta diundang. Tahu-tahunya hari ini (kemarin, red) sudah dimuat di koran” kelakar Budi saat ditemui di kantornya, Senin (11/10).

Diberitakan sebelumnya, genangan air hujan setinggi perut orang dewasa di underpass penghubung alternatif Purworejo – Kulonprogo itu oleh warga disulap menjadi kolam lele. Aksi itu sebagai wujud protes kepada pemkab yang dinilai abai terhadap tuntutan warga. “Kami menuntut pemkab segera mengalokasikan anggaran untuk operasional pompa air” kata salah satu warga Karyono di lokasi, Minggu (10/10).

Menanggapi berita itu, Budi langsung meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah segera berkoordinasi dengan pemerintah Desa Hagomulyo. “Kami keluarkan dana Rp 2 juta dari pos dana insidentil Sekda untuk pengoperasian pompa air dan membayar honorarium petugas yang mengoperasikan” katanya.

Dia menambahkan, dana itu hanya untuk operasional sementara sampai akhir 2010. Namun jika dana habis sebelum Desember 2010 dan masih terjadi genangan akibat hujan, pihak pemdes bisa mengajukan tambahan dana lagi.

“Saya harap APBD Perubahan sudah ditetapkan. Sehingga, biaya operasioanal penanggulangan banjir di underpass bisa dialokasikan dari anggaran pemeliharaan rutin itu. Tahun depan, dana itu pasti sudah dianggarkan,” tegas Budi. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s