Sekda Ngotot Anggarkan Dana Operasional Pompa Air

Posted: October 12, 2010 in hard news, news

*Dewan Minta Drainase Underpass Dikaji Ulang

Kulonprogo – Sekda Kulonprogo Budi Wibowo ngotot jika penyebab genangan air di underpass di Dusun Tapen Hargomulyo, Kokap hanya karena tidak difungsikannya pompa penyedot air. Menurutnya, permasalahan tersebut tidak hanya menimpa underpass di Kulonprogo. Tapi, juga di banyak daerah yang juga memiliki underpass.

“Genangan air itu wajar terjadi mengingat posisi underpass lebih rendah dari permukaan jalan di atasnya. Untuk itu, pompa air harus terus dioperasikan setiap kali turun hujan” ujar Sekda di kantornya, kemarin.

Terkait kemungkinan dilakukan penyempurnaan perencanaan sistem drainase underpass, kata Budi, sistemnya memang didesain seperti yang ada sekarang. Menurutnya, drainase underpass sudah direncanakan dengan baik dengan adanya kolam pembuangan air dan pompa penyedot air. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sukoco.

“Desain sudah sempurna. Di underpass itu juga dibangun kolam pembuangan air. Kalau pompa bisa rutin beroperasi, sebenarnya genangan bisa teratasi. Sebab, volume air yang bisa tertampung sudah diperhitungkan sebelumnya” tandas Sukoco, belum lama ini.

Sementara, Sekda berharap APBD Perubahan sudah ditetapkan sehingga bisa dialokasikan dari anggaran pemeliharaan rutin. “Tahun depan, dana untuk operasional pompa air sekaligus honor petugas yang mengoperasikan pasti sudah dianggarkan” tegasnya.

Terpisah, sejumlah anggota Komisi III DPRD Kulonprogo menilai anggaran untuk drainase secara manual dengan pompa air untuk jangka panjang adalah pemborosan. “Anggaran operasional pompa air tidak masalah jika hanya jangka pendek, sembari merancang sistem drainase yang lebih hemat” kata Wakil Ketua Komisi III Hamam Cahyadi.

Kalau setiap tahun harus dianggarkan dana operasional untuk pompa air, menurut Hamam, butuh dana yang tidak sedikit. “Itu pemborosan. Seharusnya instansi yang terkait mengkaji ulang sistem drainase yang lebih baik” ujarnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s