Awasi Kinerja LKM, Anggarkan 275 Juta

Posted: October 14, 2010 in hard news, news

*88 LKM Dievaluasi IrdaTahun Depan

Kulonprogo – Pemkab Kulonprogo siap menganggarkan dana sebesar Rp 275 juta untuk mengintensifkan peranan Inspektorat Daerah (Irda) dalam mengawasi kinerja seluruh lembaga keuangan mikro (LKM) Binangun yang ada di Kulonprogo.

Tak dapat dipungkiri, langkah tersebut diambil setelah kasus dugaan korupsi dana LKM Binangun Tuksono terungkap di pengadilan negeri Wates sejak Juli 2010. “Pengawasan akan dilaksanakan secara menyeluruh pada 88 LKM di Kulonprogo. Jadi bukan untuk LKM yang tersandung kasus saja” kata Sekda Kulonprogo Budi Wibowo di kantornya, kemarin.

Budi menambahkan, dana yang dianggarkan itu rencananya akan direalisasikan mulai tahun depan. Setelah dicairkan, dana tersebut akan digunakan Irda untuk mengevaluasi kinerja LKM dalam dua tahap. “Pada setengah tahun pertama, Irda dijadwalkan selesai mengevaluasi 44 LKM. Sedangkan evaluasi pada 44 LKM sisanya dilakukan pada setengah tahun berikutnya” terangnya.

Budi menjelaskan, dari total 44 miliar dana yang dimiliki LKM Binangun, masih ada tunggakan sebesar 1,3 miliar yang harus segera dilunasi. Diberitakan di METEOR edisi 2 September 2010, Wakil Bupati Kulonprogo Mulyono mengungkapkan bahwa 70 % dari penunggak itu dari kalangan PNS, TNI, dan Polri.

Hal itu dibenarkan oleh Kabag Administrasi Perekonomian Setda Kulonprogo Supriyono. ”Kami harap  para Kades mendukung penagihan tunggakan dana LKM meski yang menunggak itu para aparatur negara” katanya saat ditemui di kantornya, beberapa waktu lalu.

Sementara, kasus dugaan korupsi dana LKM Binangun Tuksono masih terus bergulir di PN Wates dan telah menyeret dua terdakwa. Terdakwa pertama, mantan Kades Tuksono Saryono (40), dituntut hukuman penjara 4 tahun 6 bulan dan membayar denda sekaligus uang pengganti sebesar Rp 228 juta. Sedangkan sidang perdana terdakwa kedua, mantan ketua pengelola LKM Tuksono Sukirman (44), baru digelar Senin (11/10) lalu. (leo)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s