Penuntasan Dugaan Kebocoran Pajak Perhotelan

Posted: October 14, 2010 in hard news, news

*Butuh Perda Baru, Dewan Siap Klarifikasi Eksekutif

Kulonprogo – Penyelesaian dugaan kebocoran pajak perhotelan di Kulonprogo membutuhkan proses yang cukup panjang. Pasalnya, khusus di obyek wisata Pantai Glagah, semua bangunan hotel dan penginapan diketahui belum berijin.

Hal itu disampaikan oleh Kabag Hukum Setda Kulonprogo Heriyanto di kantornya, Kamis (14/10) siang. “Sesuai prosedur hukum, barang ilegal tidak bisa dipungut pajak. Jadi, harus dilakukan pembongkaran sejak awal. Namun, hal itu bakal menimbulkan permasalahan baru mengingat hotel dan penginapan sudah menjamur” katanya.

Terhadap permasalahan yang muncul, pihak pemkab akan melakukan kajian dari sisi rencana tata letak (site plan) dan peruntukan tanah milik Pakualaman. Jika memang sesuai, kata Heriyanto, tentu tidak ada masalah sepanjang dilengkapi dengan dokumen perijinan. “Penataan akan dilihat dari peruntukkan dan site plan daerah,” jelasnya.

Sementara, Kasubag Pelayanan Hukum Toto Wardoyo mengatakan penataan hotel dan penginapan akan segera dilakukan, baik dari sisi administrasi perijinan maupun prosedur dan tata tertib hunian. “Solusinya kita akan buat perda tentang pajak daerah yang mengatur semua permasalahan pajak” ujarnya.

Terpisah, Komisi II DPRD Kulonprogo berniat memanggil Dinas Budparpora, Dinas Pendapatan pengelolaan Keuangan dan Asset (DPPKA), dan bagian Hukum Setkda untuk mengklarifikasi indikasi kebocoran dan legalitas obyek pajak.

“Dewan akan terus mencermati permasalahan anggaran sebelum penyusunan APBD 2011. Sebab, perlu adanya optimalisasi pendapatan mengingat tahun depan banyak dana tersedot untuk pelaksanaan pilkada” kata Ketua Komisi II Tejo Supono. Senada dengan Heriyanto, Tejo juga akan berdasarkan pada perda dan isi nota kesepakatan pemkab dengan Pakualaman untuk mencari solusi terbaik. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s