Dokumen KA ANDAL Tambang Pasir Besi Dikembalikan Lagi

Posted: October 17, 2010 in news

*Ditarget Selesai Akhir Oktober

Kulonprogo – Untuk yang ketiga kalinya, kerangka acuan analisis dampak lingkungan hidup (KA ANDAL) proyek penambangan pasir besi dikembalikan ke konsultan AMDAL yang ditunjuk pihak pemrakarsa PT Jogja Magasa Iron (JMI). Sebelum dapat memenuhi poin yang disarankan komisi penilai AMDAL, dokumen KA ANDAL tidak akan disidangkan.

Hal itu disampaikan Sekda Kulonprogo sekaligus ketua komisi penilai AMDAL Budi Wibowo seusai menggelar rapat tertutup dengan segenap petinggi PT JMI di kantornya, Jumat (15/10) siang. “Pengembalian ini untuk penyempurnaan dokumen KA ANDAL. Sebab, amdal adalah kunci bagi pelaksaan proyek pertambangan pasir besi” jelasnya.

Meski demikian, Budi memperkirakan konsultan AMDAL dari PT Asana Wirasta Setia itu dapat menyerahkan dokumen KA ANDAL pada akhir Oktober 2010. Setelah diserahkan, para pakar dan tim teknis akan mencermati isi dokumen tersebut, apakah sudah sesuai dengan kajian yang diharapkan.

“Sidang akan dilakukan setelah kajian kelengkapan teknis dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tercantum dalam Ka Andal itu” tegas Budi. Dia menambahkan, reklamasi adalah salah satu poin penting yang dibahas dalam rapat tertutup itu. “Reklamasi seusai pertambangan dilakukan selama dua tahun dengan sistem per blok”

Menanggapi deadline penyerahan KA ANDAL hingga akhir bulan ini, General Manager PT JMI Mochsen Al Hamid mengatakan pihaknya lebih memilih utamakan kualitas daripada sekadar kecepatan dalam penyusunan.

“Kami tidak kejar tayang, tapi kejar kualitas” ujar Mochsen singkat. Terkait rekomendasi dari Komnas HAM, Mochsen mengaku PT JMI sangat terbuka. “Tidak menutup kemungkinan bagi siapapun untuk menjembatani ke segala pihak agar kajian yang ada bisa jelas” katanya.

Sedangkan mengenai kerasnya penolakan warga pesisir seputar rencana penambangan pasir besi, pihak PT JMI bersedia untuk duduk bersama dan membicarakan dengan pihak manapun secara proporsional dan rasional. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s