Hujan Deras Kacaukan Upacara HUT Kulonprogo

Posted: October 17, 2010 in hard news, news

*Kirab Benda Pusaka Batal Digelar

Kulonprogo ā€“ Hujan deras yang mengguyur Kota Wates cukup mengacaukan jalannya upacara peringatan HUT Kabupaten Kulonprogo ke-59 di Alun-alun Wates, Jumat (15/10) siang. Ratusan peserta upacara dari PNS di kalangan Pemkab hingga aparatur desa dan kecamatan di Kulonprogo nekat mengikuti upacara dalam guyuran air hujan.

Hanya sejumlah peserta yang mengenakan payung. Sedangkan sebagian besar lainnya terpaksa merelakan riasan wajah mereka luntur. Sementara itu, ada juga beberapa peserta yang memilih berteduh dan enggan mengikuti upacara.

Selain menyingkat jalannya upacara, derasnya hujan juga menggagalkan gelaran pawai yang rencananya akan mengelilingi Kota Wates. Dua benda pusaka milik pemkab, yakni tombak Kyai Bantar Angin dari Puro Paku Alaman dan tombak Kyai Manggolomurti dari Kraton Yogyakarta pun urung dikirab. Rontek Pare Anom yang disiapkan di rumah dinas Wakil Bupati juga batal diarak.

Satu kompi korps musik dari prajurit kraton Ngayogyakarta Hadinigrat lengkap dengan satu kuda putih yang disiapkan untuk mengiringi kirab pun terpaksa gigit jari. Sejak upacara mulai digelar pukul 14.30 hingga selesai sekitar pukul 15.00, mereka hanya bisa berteduh di teras pos satpam rumah dinas Wabup. Begitu juga dengan 15 anggota Paskibraka Kulonprogo yang mengaku kecewa karena hujan tak kunjung reda.

Namun, tidak demikian halnya dengan sepuluh penari Gambyong asli dari Kulonprogo. Para penari yang mengenakan kostum kemben hijau dan kain jarik itu tetap menyuguhkan tarian berdurasi sekitar lima menit itu meski harus basah kuyup.

Mengingat begitu derasnya hujan yang mengguyur para peserta upacara, dalam kesempatan itu Bupati Kulonprogo Toyo S Dipo hanya memberikan sambutan secara singkat, yakni melaporkan poin-poin penting seputar keberhasilan yang dicapai Kulonprogo hingga menginjak usia 59 tahun.

Selaku pemimpin upacara, Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX juga memberikan sambutan cukup singkat. Namun, sambutan Wakil Gubernur itu sempat terkendala akibat sound system yang mengalami sedikit gangguan akibat air hujan. (leo)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s