Girimulyo Diterjang Longsor Lagi (2)

Posted: October 23, 2010 in hard news, news

Kulonprogo – Dwi Sutarti (17), anak kedua dari pasangan Marji (45) dan Jumilah (40),  menangis histeris hingga hampir pingsan setelah menyaksikan rumah yang ditinggali orangtua dan adiknya hancur tertimbun longsor.

Setelah mendapat kabar dari pihak keluarga, siswi SMK N Pengasih yang indekos tak jauh dari sekolahnya itu langsung memutuskan pulang ke rumahnya di RT 35 RW 08 Sonyo, Jatimulyo.

Duka juga tampak jelas menggelayuti pelupuk mata Aris Triyanto (14). Anak ketiga Marji yang merupakan siswa SMP 4 Girimulyo itu terlihat masih shock akibat longsor yang menimpa rumahnya pada Senin (18/10) dini hari.

“Seluruh peralatan sekolahnya, dari seragam, sepatu, hingga buku-buku pelajarannya tidak dapat diselamatkan. Kami tidak tahu bagaimana besok sekolahnya” ujar Marji lirih. Sementara, anak pertama Marji yang kini bekerja di Tangerang juga telah dikabari kabar duka tersebut.

Marji mengenangkan, dua bangunan rumah yang roboh tertimbun longsor itu baru ditempatinya bersama istri dan anak terakhirnya sejak 2,5 bulan lalu. Sebelumnya, Marji dan keluarga menempati rumah yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi.

“Karena rumah yang dulu rawan longsor, kami memutuskan membangun rumah di sini. Menurut kami, lokasi ini lebih aman dari longsor karena lebih tinggi dari rumah yang sebelumnya” ujarnya.

Namun, takdir berkata lain. Beruntung, Marji sempat mengungsi sebelum musibah longsor terjadi. “Entah apa jadinya kalau malam itu kami tak meninggalkan rumah” imbuh Jumilah.

Mengenai bencana yang menimpa salah satu warganya, Camat Girimulyo Sumiran mengatakan, pihaknya telah menggerakkan warga untuk bekerja bakti. “Kami telah berkoordinasi dengan dinas terkait agar segera dicairkan bantuan untuk merelokasi sekaligus membangun kembali rumah Marji” jelasnya. Untuk sementara waktu, Marji dan keluarganya masih mengungsi di rumah tetangganya, Suradi (50). (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s