Girimulyo Diterjang Longsor Lagi

Posted: October 23, 2010 in hard news, news

*Dua Rumah Roboh, Belasan Titik Jalan Tertutup

Kulonprogo – Lagi-lagi bencana longsor terjadi di Kecamatan Girimulyo. Tebing setinggi sekitar 30 meter di wilayah RT 35 RW 8 Dukuh Sonyo, Desa Jatimulyo longsor menimpa dua rumah milik Mardi (45), Senin (18/10) dinihari. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu. Namun, kerugian material ditaksir mencapai Rp 50 juta.

Mardi menuturkan, rumahnya tertimbun longsoran tebing sekitar pukul 00.30 WIB. Beruntung satu setengah jam sebelum kejadian,  Mardi dan keluarganya memutuskan mengungsi di rumah tetangga yang berjarak sekitar seratus meter.

“Hujan deras mengguyur sejak pukul 22.00 (17/10). Saat itu, kami mendengar suara batu-batu kecil berjatuhan dari tebing. Karena firasat saya mengatakan akan ada hal yang buruk akan terjadi, kami pun mengungsi sekitar pukul 23.00” terangnya di lokasi, Senin (18/10) pagi.

Setelah hujan reda sekitar pukul 01.30, Mardi kembali menengok rumahnya. Saat itulah ia mendapati dua bangunan rumahnya telah rata dengan tanah. Harta bendanya hampir tidak ada yang bisa diselamatkan. Semuanya terkubur dalam timbunan tanah yang tebalnya beberapa meter. “Surat-surat penting seperti ijazah juga ikut tertimbun,” ujar Mardi.

Sejak kemarin pagi, warga sekitar bersama anggota taruna siaga bencana (Tagana) dan aparat pemerintah desa dan kecamatan bergotong-royong di rumah Marji. Mereka berusaha menyelamatkan barang-barang maupun material yang masih bisa dimanfaatkan.

Camat Girimulyo Sumiran mengatakan, hujan lebat yang mengguyur sejak Minggu malam hingga Senin dini hari itu juga mengakibatkan longsor di sejumlah titik. “Musibah yang beruntun menyebabkan stok logistik di kecamatan habis. Namun, kami telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial” terangnya.

Data yang dihimpun hingga Senin petang, belasan titik jalan tertutup akibat material longsoran di wilayah Kecamatan Girimulyo, Kokap, dan Pengasih. Di Desa Sidomulyo, Pengasih, satu tiang listrik PLN roboh dan menutup jalan utama menuju ke arah kota Wates. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s