Antisipasi Bencana Letusan Gunung Merapi

Posted: October 26, 2010 in hard news, news

nggota polres Kulonprogo sebelum diberangkatkan untuk siaga evakuasi letusan Gunung Merapi

*80 Personil Polres Kulonprogo Disiagakan

Kulonprogo – Sebanyak 80 personil gabungan dari berbagai jajaran kesatuan di Polres Kulonprogo telah disiagakan untuk mengantisipasi adanya evakuasi warga yang bermukim di sekitar lereng Gunung Merapi. Hal itu dilakukan berkaitan dengan meningkatnya status Gunung Merapi dari siaga ke awas.

“Polres Kulonprogo mengirimkan satu kompi yang terdiri dari tiga pleton. Hari ini (kemarin, red), 80 personil sudah disiagakan di Mapolsek Gamping, Sleman” kata Kabag Ops Polres Kulonprogo Kompol Karyanto di kantornya, Selasa (26/10).

Karyanto menambahkan, Gunung Merapi berada di perbatasan Jateng-DIY. Dengan meningkatnya status Gunung Merapi dari siaga ke awas, maka  sejumlah daerah di Jateng yang bakal terkena dampak langsung antara lain Klaten, Boyolali, dan Magelang. Sedangkan untuk DIY adalah Sleman.

“Selain menyiapkan personel di Polres Sleman yang wilayahnya terdampak aktivitas Merapi, Polda DIY juga menyiapkan personel cadangan, di antaranya dari Polres Kulonprogo” jelasnya.

Sesuai instruksi dari Kapolda, imbuh Karyanto, idealnya personil yang diberangkatkan untuk mengantisipasi letusan Gunung Merapi berjumlah 90 polisi. Namun, mengingat Polres Kulonprogo tengah banyak kegiatan, maka pihaknya hanya menerjunkan 80 personil saja.

“Perintah antisipasi bencana letusan Merapi kami terima mendadak pada Senin pagi. Padahal, agenda Polres Kulonprogo hari ini cukup padat. Di antaranya, pengamanan pemberangkatan calon haji dan pengamanan pengajian akbar di Alun-alun Wates pada Senin malam” jelas Karyanto.

Sementara, Kabag Humas Binamitra Kompol Tri Heri mengatakan 80 personel dari Polres Kulonprogo disiagakan untuk membantu evakuasi dan mengamankan harta benda warga jika sewaktu-waktu ditinggal mengungsi. “Namun kita masih menunggu instruksi dari Kapolda melalui Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda DIY” ujarnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s