Giliran Pengasih Diterjang Longsor

Posted: October 26, 2010 in hard news, news

*Setelah Longsor Bertubi-tubi Menimpa Girimulyo

Kulonprogo – Setelah longsor berturut-turut terjadi di Kecamatan Girimulyo, kini giliran Kecamatan Pengasih yang dilanda bencana serupa. Tebing dengan ketinggian sekitar 5 meter di Dusun Talunombo, Sidomulyo, Pengasih ambrol menimpa sebagian rumah milik warga setempat, Poniyem (60).

Diduga, tanah tebing tersebut kondisinya labil sehingga tak kuat menahan gempuran hujan deras yang terus turun selama beberapa hari terakhir. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Kerugian material masih dalam penghitungan. Sementara, kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Rumah berdinding kayu yang ditinggali Poniyem dan ibunya Sarinem (90) itu pada bagian belakangnya jebol dihantam tanah longsoran. Beruntung kedua nenek itu masih terjaga saat longsor menimpa rumahnya pada malam hari.

Putera bungsu Poniyem, Suparno (35), menuturkan bencana longsor itu menimpa rumah ibunya sekitar pukul 00.00 Minggu (17/10) malam. Kejadian bermula ketika hujan deras mengguyur sejak sore hari.

“Saat itu ibu mendengar suara bergemuruh dari arah belakang rumah. Dengan menggunakan penerangan obor, ibu mencari sumber suara di sekeliling rumah. Ternyata tebing di belakang rumah sudah longsor,” ungkap Suparno menirukan cerita ibunya,Kamis (21/10) siang.

Sementara Kepala Dusun Talunombo, Sutiman (59) mengatakan warga baru melanjutkan gotong-royong membenahi rumah Poniyem mulai Kamis pagi. Pasalnya, sejak Senin hingga Rabu (20/10) lalu warga harus menyelesaikan pekerjaan relokasi dua rumah warga lain yang juga terkena longsor di lokasi berbeda.

Sutiman menambahkan, kalau tidak ada warga yang pindah rumah, pembersihan longsoran ini pasti dikebut langsung sejak Senin lalu. Pengerjaan perbaikan rumah diperkirakan tidak bisa dilakukan dalam sehari mengingat banyaknya material longsoran. Bahkan, sebagian material masih berada di dalam rumah Poniyem.

“Bantuan logistik sudah ada dari pemerintah desa berupa beras dan sarden. Tim dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) juga sudah tiba di lokasi” pungkas Sutiman. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s