Lima Santri Cilik Dicokok Polisi

Posted: October 26, 2010 in hard news, news

*Pelaku Pencurian di 5 Warung dan 2 Rumah Warga

Kulonprogo – Lima santri di pondok pesantren Ittihadul Mujtahidin, Gunung Kukusan, Hargorejo, Kokap terpaksa mendekam di Rutan Wates, Senin (25/10). Pasalnya, ulah para santri itu dalam melakukan sejumlah aksi pencurian di lingkungan sekitar ponpesnya terungkap oleh jajaran Polsek Kokap, belum lama ini.

Kelima santri itu adalah ZW (15), IR (15), DR (15), FFS (15), LF (15). Terkuaknya kasus para santri itu berawal saat seorang warga Sambeng Hargorejo Kokap, Selam (50), mengaku kemalingan pada Sabtu (16/10) dini hari. Kios kelontongnya di Pasar Kokap diobrak-abrik maling.

“Para pelaku masuk dengan mencongkel teralis ventilasi. Sebanyak 20 slop rokok berbagai merk, 3 pak buku tulis, 9 buah krim pembersih wajah, 6 botol minyak wangi, dan sejumlah sabun mandi hilang. Kerugian total sekitar Rp 3 juta” kata Selam, kemarin.

Selam menambahkan, tak lama setelah kiosnya kebobolan, seorang warga yang enggan disebut namanya mencium gelagat yang tidak wajar dari beberapa santri di ponpes Ittihadul Mujtahidin. “Para santri itu terlihat lebih banyak merokok dari biasanya” ujar Selam menirukan ucapan saksi.

Atas temuan itu, pihak ponpes merazia dan menyita barang-barang yang diduga hasil pencurian di kios Selam. Namun, saat para pemuda menanyakan hal itu ke ponpes, mereka mendapat jawaban yang tidak memuaskan. “Selama ini kalau ada kemalingan, pemuda selalu yang mendapat cap buruk” ujar tokoh pemuda setempat, Agus Widia Setiawan.

Menggandeng anggota Polsek Kokap,Selam dan para pemuda melakukan perburuan ke rumah ZW di wilayah Sungapan, Hargotirto, Kokap, Jumat (22/10) siang. ZW akhirnya mengakui perbuatannya dan menyebutkan empat pelaku lainnya.

Dari hasil penyidikan polisi, sebelum menjarah kios Selam, kelima pelaku juga membobol empat warung lain dan satu rumah warga dengan kerugian masing-masing sekitar Rp 3 juta. Setiap aksi nekat itu dilakukan hanya berselang sekitar satu minggu.

Bahkan setelah menguras kios Selam, mereka juga sempat menggondol dua buah handphone milik Dawam, warga Gunung Kukusan Hargorejo Kokap. Kapolsek Kokap AKP Saranta membenarkan bahwa pihaknya telah meringkus kelima pelaku.

Sementara, para pemuda Hargorejo Kokap berharap agar kasus pencurian itu diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. “Kami minta kasus ini terus dikawal hingga diproses di Pengadilan Negeri Wates” tegas Agus. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s