Pembangunan Pasar Sentolo Minta Diundur

Posted: October 26, 2010 in hard news, news

Kulonprogo – Para pedagang yang tergabung dalam paguyuban pedagang pasar Sentolo sepakat menolak pembangunan pasar Sentolo yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Pasalnya, hingga kini pembahasan antara pedagang dengan pemkab berkaitan dengan rencana pembangunan tersebut belum mencapai titik temu.

“Para pedagang meminta pembangunan pasar diundur hingga 2017. Sebab, pedagang khawatir jika rencana pembangunan itu kurang matang” kata Ketua Paguyuban pedagang pasar Sentolo Syirwan Rosyid seusai menghadiri sosialisasi pembangunan pasar Sentolo di gedung Binangun, komplek Pemkab, Senin (25/10).

Syirwan menjelaskan, saat ini bangunan induk pasar Sentolo usianya baru 13 tahun. Bahkan, pada 2007 lalu, beberapa los dan kios baru saja direnovasi. “Kami tidak ingin jika pembangunan pasar hanya asal jadi saja. Tujuan penundaan pembangunan tidak lain agar dimanfaatkan untuk membuat perencanaan yang matang. Jangan sampai pedagang dirugikan” tandasnya.

Menurut Syirwan, pengaturan lapak-lapak di luar bangunan induk pasar Sentolo lebih mendesak dilakukan daripada menggagas pembangunan pasar. Sebab, banyak pengunjung lebih memilih belanja di luar pasar. Akibatnya, omset pedagang yang berada di dalam pasar menurun.

Sementara, Camat Sentolo Rudy Widiatmoko menambahkan jika masih banyak los-los kosong di dalam bangunan induk yang hanya digunakan untuk menimbun barang. “Seharusnya los yang masih kosong itu dimanfaatkan untuk pedagang yang membuka lapak di luar pasar. Agar tidak ada lagi kecemburuan antar sesama pedagang” tegasnya.

Terpisah, Kasi Promosi dan Kerjasama Kantor Penanaman Modal (KPM) Kulonprogo Rody Ampera menjelaskan, pembangunan pasar Sentolo menghadapi gencarnya perkembangan pasar modern yang sebagian menerapkan sistem buka 24 jam. “Pembangunan pasar Sentolo bertujuan agar pasar tradisional mampu bersaing dengan dengan pasar modern” singkatnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s