Ratusan Hektar Sawah Diserbu Tikus

Posted: October 26, 2010 in hard news, news

Para petani dengan bangga menunjukkan tikus-tikus hasil buruannya

*Petani Siap Lancarkan Serangan Balik

Kulonprogo – Ada peristiwa menarik di Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, kemarin pagi. Puluhan warga yang berprofesi sebagai petani berduyun-duyun ke sawah secara bersamaan. Layaknya pejuang yang berangkat menuju medan perang, mereka mempersenjatai diri dengan beragam peralatan.

Ya, kali ini para petani di Desa Kembang memantapkan hati untuk memerangi hama tikus yang akhir-akhir ini mulai menggila. Pasalnya, pada masa tanam kedelai dua bulan lalu, ratusan hektar areal sawah mereka diserang hama tikus. Alhasil, mereka yang menggantungkan harapan pada hasil panen di masa tanam pertama itu hanya bisa gigit jari.

“Dana sebesar Rp 2 juta digelontorkan pemerintah desa untuk mendukung aksi memerangi hama tikus” ujar ketua kelompok tani setempat, Sani Ridwan (44) di lokasi, Minggu (24/10) pagi. Penyuluh pertanian Desa Kembang Ngadiran (48) menambahkan, upaya pembasmian hama tikus ini dilakukan untuk menyiapkan masa tanam padi.

Sementara itu, salah satu petani Atmo Sukarto (56) mengenangkan, serangan tikus pada masa tanam kedelai dua bulan lalu berlangsung sporadis. “Serangannya sangat cepat sekali” katanya. Akibatnya, tanaman kedelai miliknya yang sudah siap panen tidak dapat diselamatkan. Atmo mengaku merugi hingga belasan juta rupiah.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertan) Kulonprogo Bambang Tri Budi Harsono yang turut hadir dalam “perang melawan tikus” itu mengatakan, pengendalian serangan tikus dilakukan untuk menekan jumlah populasi tikus yang dipandang sudah diambang batas toleransi.

Jika tidak dikendalikan, Bambang khawatir hama tikus akan menggangu pencapaian sasaran produksi pertanian tahun 2010. “Ini akibatnya jika tidak segera dilakukan antisipasi secara dini. Makanya kita melibatkan masyarakat tani, petugas dan jajaran terkait lainnya” tegasnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s