Ribuan Meter Pipa Jaringan Air Rusak

Posted: October 26, 2010 in hard news, news

warga terpaksa mengambil air bersih ke bak penampungan karena rusaknya pipa jaringan

*Tertimbun Longsor Yang Beruntun Sepekan Lalu

Kulonprogo – Selain masih banyak tanah runtuhan tebing yang belum disingkirkan di beberapa lokasi, rentetan bencana longsor di wilayah Kecamatan Girimulyo dalam sepekan lalu juga menyisakan sejumlah masalah lain. Ribuan meter pipa saluran air yang mengular di dinding-dinding tebing turut rusak dan hilang tertimbun tanah.

Alhasil, belasan bak penampungan air bersih yang tersebar di Girimulyo tidak berfungsi maksimal. Air bersih yang dipompa dari dalam tanah dan tertampung dalam bak itu tidak dapat dialirkan ke rumah-rumah warga karena tidak adanya pipa.

Tak ayal, selain meminta pemerintah agar segera melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur jalan dan rumah-rumah yang rusak, warga juga mendesak agar putusnya pipa saluran air segera diperbaiki. Jika tidak, krisis air bakal menghantui wilayah Kecamatan Girimulyo dan sebagian wilayah Kecamatan Pengasih.

“Di Girimulyo ada puluhan sumur pompa yang alirannya dinikmati hingga sampai ke wilayah Pengasih. Karena pipa jaringan rusak, masyarakat yang tinggal jauh dari bak penampungan kesulitan mendapatkan air bersih” ujar Sutar (36) warga Dusun Sonyo, Jatimulyo, Girimulyo, kemarin.

Sutar menambahkan, sumur pompa di Kecamatan Girimulyo diperoleh dari bantuan pemerintah pada 2004 silam. Sumur pompa itu dipasang untuk menyedot air dari mata air Gunung Kelir dan dialirkan untuk ratusan kepala keluarga dengan menggunakan pipa-pipa jaringan. “Kami harap pemerintah segera mengambil langkah” pinta Sutar.

Ditemui terpisah, Camat Girimulyo Sumiran membenarkan jika banyak pipa saluran air di wilayahnya rusak akibat tertimbun longsoran dinding tebing. “Kami sudah sampaikan temuan itu ke dinas dan instansi terkait agar segera diperbaiki” kata Sumiran. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s