Bencana Letusan Merapi Tumbuhkan Simpati

Posted: October 27, 2010 in hard news, news

*30 Tagana Diberangkatkan, 1 Tim Medis Disiagakan

Kulonprogo – Dasyatnya letusan Gunung Merapi yang menyemburkan awan panas dan menewaskan banyak warga, Selasa (26/10) sore, menumbuhkan simpati dari berbagai kalangan. Pemkab Kulonprogo telah memberangkatkan 30 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke posko induk penanganan korban bencana Merapi, Rabu (27/10).

30 anggota Tagana yang diterjunkan adalah gabungan dari unit Nanggulan, Girimulyo, dan Samigaluh. “Tagana dari Kulonprogo difokuskan untuk membantu di dapur umum dan barak pengungsian,” kata Kabid Sosial Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Untung Waluyo, kemarin sore.

Mengenai bantuan logistik, imbuh Untung, pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah dinas terkait. “Sementara, bantuan logistik belum disalurkan sekarang” ujarnya. Saat dihubungi melalui telepon, Untung tidak bisa menjelaskan lebih banyak karena sedang dalam perjalanan menuju posko induk di Merapi.

Pernyataan Untung dibenarkan oleh Kabag Kesra Pemkab Kulonprogo Eko Wisnu Wardhana. Hingga kemarin sore pihaknya masih berkoordinasi mengenai rencana pengiriman bantuan ke Kabupaten Sleman. “Memang ada dana sosial yang bisa dialihkan untuk membantu korban Merapi. Namun besarannya berapa, belum dapat dipastikan” ujarnya.

Terpisah, RSUD Wates telah menyiagakan satu tim khusus yang terdiri 10 tenaga medis yang terdiri dari para dokter dan perawat. Tim khusus tersebut siaga 24 jam menanti panggilan jika dibutuhkan sewaktu-waktu untuk membantu para korban bencana letusan Merapi.

“Tim khusus itu akan diberangkatkan dengan satu unit mobil ambulans lengkap dengan obat-obatan dan peralatan medis” terang Direktur RSUD Wates Bambang Haryanto, kemarin.

Sementara, hari ini (28/10), mahasiswa IKIP PGRI Wates akan melakukan aksi galang dana untuk membantu korban bencana Merapi dan gempa di Mentawai. Aksi dimulai sekitar pukul 09.30 di sekitar Pasar Wates dan di sejumlah titik strategis di Kota Wates.

Hingga berita ini diturunkan, belum diperoleh kepastian apakah 80 personil dari Polres Kulonprogo yang disiagakan di Mapolsek Gamping Sleman sejak Selasa lalu telah diterjunkan ke lokasi bencana Merapi atau masih menunggu perintah. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s