Kulonprogo Wajib Rampingkan PNS

Posted: October 27, 2010 in hard news, news

*6 SD Bakal Digabung

Kulonprogo – Sekretaris Daerah (Sekda) Kulonprogo Budi Wibowo belum lama ini memprediksi jika tahun depan tidak akan ada kegiatan pembangunan di Kulonprogo. Pasalnya, untuk gaji PNS saja, anggaran tahun 2011 tersedot sekitar Rp 404 miliar. Belum lagi, pertengahan tahun depan juga bakal dilaksanakan pilkada yang membutuhkan anggaran sekitar Rp 9,9 miliar.

Untuk melanjutkan program pembangunan, pemkab Kulonprogo harus memutar otak guna melakukan efisiensi anggaran. Salah satu langkah yang diyakini efektif yakni salah dengan menekan pembiayaan gaji pegawai.

“Pusat sudah menitahkan agar segera dilakukan perampingan pegawai. Nha, yang paling sulit untuk dirampingkan itu adalah guru” kata Bupati Kulonprogo Toyo S Dipo di rumah dinasnya, kemarin.

Sebab, imbuh Toyo, penggabungan sekolah menjadi satu (regrouping) tidak mudah dilakukan. “Jika di wilayah perbukitan dilakukan regrouping, bisa jadi para siswa enggan bersekolah karena harus berjalan kaki lebih dari 4 km” kata Toyo.

Sementara itu, Dinas Pendidikan Kulonprogo sudah mulai mengkaji rencana penggabungan beberapa Sekolah Dasar (SD) menjadi satu. Sementara, Disdik baru menggagas penggabungan SD di dua kecamatan, yakni Wates dan Lendah.

“Di Kecamatan Wates, rencananya SD Karangrejo bakal digabungkan dengan SD Darat. Sedangkan SD Gadingan bakal digabungkan dengan SD Gedungdowo. Di Lendah, SD Temben akan digabungkan dengan SD Ngentakrejo” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kulonprogo, Arif Prastowo, Rabu (27/10).

Selain SD di atas, imbuh Arif, Disdik juga tengah mempelajari sekolah lain yang memungkinkan untuk digabung. Sebelumnya, imbuh Arif, penggabungan telah dilakukan di Kecamatan Samigaluh, yakni antara SD Sidoarjo dan SD Sumoroto. “Penggabungan itu untuk menekan efisiensi biaya operasional dan mengatasi keterbatasan tenaga pendidik” jelas Arif. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s