Dua Angggota Pencuri Spesialis Swalayan Diirngkus

Posted: December 23, 2010 in hard news, news

Sleman – Dua anggota komplotan pencuri spesialis toko swalayan berhasil diringkus satpam saat tengah beraksi di Lottemart, Jl. Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Senin (20/12) sekitar pukul 13.00. Kedua tersangka, Putut Setyadi (30) warga Jakasampurna, Bekasi Barat, Bekasi dan Irma Tri Wahyuni ( 41) warga Pondok Turi, Durensawit, Jakarta Timur, kini meringkuk di ruang tahanan Mapolsek Depok Timur.

Selain mengamankan keduanya, polisi juga menyita 18 botol parfum merk AXE dan sebuah korset (pakaian dalam wanita, red) hasil curian mereka. Kepada polisi, mereka mengaku masih ada empat temannya yang lolos dari kejaran satpam. Keempat tersangka yang identitasnya dirahasiakan demi pengembangan penyidikan itu, dua berjenis kelamin perempuan dan dua lagi laki-laki. Keempatnya diketahui berdomisili di Jakarta.

Kanit Reskrim Iptu Damus Asa mengatakan, ketika sedang patroli keliling di dalam Lottemart, satpam menangkap basah Putut sedang memasukkan botol-botol parfum ke dalam celananya. Botol-botol parfum itu diambil Irma dari rak dan dimasukkan ke troli belanja.

“Agar tidak mencolok, Putut mengenakan korset di balik celana panjangnya. Jadi, botol-botol parfum itu tersamarkan dan tidak melorot karena korsetnya ketat,” ungkap Damus Asa di kantornya, Rabu (22/12) siang.

Enam komplotan itu, imbuh Damus, memiliki tugas berbeda-beda. Ada yang berperan sebagai pengatur strategi, pengambil barang, ada yang menyelinapkan barang keluar, pemantau situasi, dan sopir.

Kepada polisi, keduanya mengaku berangkat dari Jakarta bersama empat temannya pada Minggu (19/12) malam. Setiba di Jogja sekitar pukul 06.00, mereka singgah dulu di Hotel Yudistira. Dengan mobil rental, keenam komplotan itu memutuskan beraksi di Lottemart. “Rencananya, setelah berhasil di Jogja, komplotan ini akan melanjutkan aksinya di Solo,” imbuh Damus.

Kedua tersangka mengaku baru sekitar tiga bulan bergabung dengan komplotan pencuri spesialis toko swalayan. Dalam setiap aksinya, mereka rata-rata kebagian jatah sekitar Rp 150.000-Rp.200.000.

“Yang saya tahu, barang hasil curian itu dijual lagi. Tetapi saya tidak tahu dijual kemana. Uangnya lalu dibagi-bagi. Biasanya saya hanya bertugas sebagai pemantau kondisi,” kata Irma, ibu tiga anak itu.

Informasi yang dihimpun, para satpam Lottemart Jogja memang telah diinstruksikan untuk meningkatkan pengamanan. Pasalnya, kantor pusat Lottemart di Jakarta telah menginformasikan ke seluruh anak cabangnya jika Lottemart cabang Jakarta kebobolan pencuri, belum lama ini. (leo)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s